Puluhan PNS Pemkab Aceh Tamiang  Ikut Pelatihan Jurnalistik  

KUALA SIMPANG – Ternyata belajar ilmu jurnalistik tidak hanya perlu bagi kalangan wartawan atau jurnalis saja. Bidang ilmu komunikasi ini menjadi sangat penting bagi kalangan pegawai negri sipil (PNS). Terbukti sedikitnya 50 pegawai negri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Aceh Tamiang mengikuti “Pelatihan Jurnalistik dan Tehnologi Informasi “ yang digelar dari 4 hingga 5 November 2014 bertempat di Aula Setdakab.

Para PNS  mendapat pelatihan dari dua narasumber yang didatangkan langsung dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM). Hari Pertama para PNS dibekali pelatihan terkait ilmu jurnalistik yang dipandu oleh Dra. Nunuk Parwati , sedangkan  di hari kedua para PNS dibekali imu terkait tehnologi Informasi oleh Dra. Aprilina Dwi Astuti.

Menurut Kepala bagian Humas (Kabag Humas ) Setdakab Aceh Tamiang,  Ir. H. Ikhwan, ada tiga tujuan utama digelarnya Pelatihan Jurnalistik untuk kalangan PNS di jajarannya yaitu:

agar para PNS dapat menyiapkan informasi dengan baik dan benar, dapat menyebarkan informasi terkait kebijakan daerah melalui media massa, dan dapat mengoperasikan tehnologi informasi sesuai standar operasional (SOP).

Lebih lanjut, Ikhwan  mengungkapkan tujuan lain dari pelatihan jurnalistik tersebut adalah agar PNS di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang mampu menguasai bidang kerja masing-masing.

“Nanti, jika ada wawancara oleh pekerja pers tidak ada lagi rasa ketakutan karena tidak menguasai hal yang ditanyakan para  awak media,”  tuturnya kepada AcehNews.net, Rabu (5/11) di Kuala Simpang.

Sementara salah seorang PNS yang tidak mau disebukan namanya mengaku, pelatihan ini sangat dibutuhkan, apalagi yang bekerja di bidang kehumasan dan bagi PNS yang selalu berhadapan langsung dengan wartawan untuk memberikan keterangan pers tentang kebijakan dan program-proram yang dijalankan Pemkab Aceh Tamiang.

Ada juga yang mengaku, ini pertama kali mereka mengikuti pelatihan jurnalistik sehingga agak kesulitan untuk membuat rilis karena selama ini mereka belum pernah mempelajari tentang jurnalistik dan proses-proses pembuatan rilis atau berita. Tetapi dari amatan AcehNews.net, para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan tersebut hingga selesai.(vio)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *