Potensi Panas Bumi di Jaboi-Sabang Capai 80 MW

SABANG | AcehNews.net  – Pengeboran sumur panas bumi di Jaboi saat ini dikerjakan oleh PT Sabang Geothermal Energi (SGE). Potensi panas bumi di sana diperkirakan mencapai 80 MW. Hingga saat ini, pengeboran satu sumur telah selesai dilakukan oleh SGE dan menghasilkan 16 MW energi.
Energi yang dihasilkan panas bumi Jaboi ini direncanakan untuk disalurkan ke Perusahaan Listrik Negara. Nantinya PLN yang menyuplay energi itu ke pelanggan.
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, meninjau lokasi proyek Geothermal Jaboi Suka Karya di Kota Sabang, Selasa (3/4/2018) lalu. Gubernur Aceh datang bersama Chairman Hitay Holding Energy Turki, Mehmet Emin Hitay.
“Bila dimungkinkan kelebihan listrik yang dihasilkan di Jaboi akan disalurkan lewat jalur kabel laut ke Banda Aceh. Jaraknya diperkirakan sekitar 30 kilometer. Kabel bawah laut ini bernilai 1 juta USD per meter. Jika ditotalkan dalam mata uang rupiah, maka membutuhkan dana sekitar Rp300 miliar (30 juta USD) untuk menyambungkan kabel laut ke Kota Banda Aceh,” demikian jelas Irwandi kepada wartawan.
Menurut Irwandi,  dibutuhkan untuk Kota Sabang ke depan sekitar 15 MW. Sisanya bisa dikirimkan lewat kabel laut ke Kota Banda Aceh. (saniah ls/ril)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com