Sony Xperia E4,
Ponsel Murah Baterai Tahan Lama

SONY Mobile Communications Indonesia, salah satu vendor global yang ada di Indonesia, cukup konsisten dalam membidik pasar  entry-level.  Setelah meramaikan pasar dengan Xperia E3 tahun lalu, kali ini Sony meluncurkan generasi penerusnya, Xperia E4 dual SIM.

Harga yang dibanderol per unitnya cukup terjangkau, yakni Rp 1,99 juta. Fitur yang diunggulkan adalah kemudahan penggunaan, hiburan dengan layar lebar, dan daya tahan baterai yang panjang. Lantas, bagaimana performanya?  INILAHCOM  sempat mencoba ponsel ini selama sepekan terakhir. Berikut ini ulasannya:

Desain dan Bodi

Kesan pertama saat memegang ponsel ini, bodinya terasa tebal. Bungkus bagian belakang tempat baterai dan kartu SIM yang terbuat dari bahan plastik yang menonjol dan sangat protektif. Meski demikian, cukup mudah untuk membukanya saat akan memasukkan kartu SIM atau kartu microSD.

Sony Xperia E4 memang diperuntukkan untuk segmen bawah, akan tetapi secara desain kami melihat tidak seperti yang diperkirakan akan jelek dengan material yang seadanya, Xperia E4 sangat berbeda material meski menggunakan plastik tetap dengan kualitas yang baik.

Dari segi desain nya E4 ini lebih lebih tebal dari Xperia E3 dengan ketebalan 10,5mm, namun  frame-nya dibuat lebih tipis dan memiliki layar berukuran lebih besar, untuk  back cover-nya terbuat dari bahan plastik yang cukup berkualitas.

Kemudian pada sisi-sisi pojok bodi kini Sony berdesain melengkung yang berbeda dengan desain Xperia lainnya. Untuk tombol fisiknya terdapat di bagian sisi kanan bodi, yaitu tombol power dan pengatur volume. Kemudian pada bagian sisi kiri bodinya terdapat port USB, Untuk  jack audio-nya terdapat di bagian sisi atas bodi  smartphone.

Untuk bagian tampak belakangnya, terdapat kamera 5megapiksel yang dilengkapi dengan LED Flash, logo Sony di bawah belakang bodi dan speaker pada bagian bawahnya. Namun, untuk slot SIM card dan memori eksternal Anda harus membuka terlebih dahulu  back cover-nya.

Layar dan Antarmuka

Tampilan antarmuka Xperia E4 sama seperti jajaran Xperia yang lainnya yang menjalankan Android 4.4.4 KitKat. Pada tampilan  lockscreen-nya terdapat waktu dan tanggal beserta  shortcut  ke dalam aplikasi kamera.

Untuk proteksi  lockscreen-nya Xperia E4 ini secara  default  menawarkan dengan metode  swipe,  namun Anda dapat mengubah metode tersebut dengan beberapa pilihan yang telah disediakan oleh Sony.

Pada  homescreen  Xperia E4 ini menawarkan lima halaman. Anda bisa menambahkannya hingga tujuh halaman, kemudian pada halaman tersebut Anda bisa menyisipkan  widget  atau  shortcut  aplikasi.

Selain itu terdapat tiga tombol navigasi  on-screen  yaitu  back, home,  dan  recent apps.  Anda juga dapat mengubah tampilan  wallpaper  dan tema yang telah disediakan oleh Sony.

Untuk  app drawer  atau menu utama Anda bisa mengurutkan aplikasi berdasar alfabetis, paling sering digunakan, dan masih banyak lagi. Dalam satu halaman  app drawer  menampilkan 20  shortcut  aplikasi, secara 4 mendatar x 5 menurun.

Pada halaman  notification center,  terdapat dua halaman utama, yakni  Notifications  dan  Quick Settings.  Anda bisa melakukan  swipe  ke kanan untuk beralih ke  Quick Settings.  Anda bisa mengatur  quick toogles  dalam tampilan  Quick Settings  dengan sesuai kebutuhan Anda.

Kamera
Kamera menjadi salah satu andalan ponsel ini. ponsel ini juga ditujukan untuk para penggila  selfie.  Kamera belakang memiliki resolusi 5 megapiksel dan depan 2 megapiksel. Walau resolusi tak terlalu besar, Sony menyertakan aplikasi yang bisa memperbaiki kualitas gambar.

Selain itu, setelan  augmented reality  atau AR memungkinkan kita untuk menambah berbagai ornamen dalam foto, seperti gambar dinosaurus. Mungkin terdengar aneh, tapi untuk anak-anak fitur tersebut cukup menyenangkan. Ada juga  manual shooting mode  untuk memilih setelan yang sesuai dengan kebutuhan.

Adapun untuk video, kita dapat membaginya dengan teman melalui jejaring YouTube atau Facebook. Kualitas video yang dihasilkan adalah Full HD. Selain itu, ada  efek slow motion. Berikut hasil kamera dari Sony Xperia E4:

contoh hasil fotoHasil foto 2

Performa

Prosesor MediaTek MT6582 quad-core 32-bit dengan kecepatan 1,3 gigahertz menjadi andalan Xperia E4. Saat  kami mencoba menjalankan aplikasi game sederhana, berjalan normal dan mulus. Namun, ketika membuka banyak aplikasi bersamaan, akan terlihat jeda dan sedikit mengganggu.

Untuk melihat performa mesin, kami menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark versi 5.6.2 dari Google PlayStore. Skor yang diraih adalah 18.802. Jika diterjemahkan dalam peringkat performa, ponsel Xperia E4 berada di bawah Xiaomi Mi Note dan ASUS ZenFone 5.

Baterai

Untuk yang satu ini, baterai Xperia E4 memang menjadi kelebihannya. Berkekuatan 2300 mAh, Sony mengklaim umur baterai dapat bertahan dua hari. Kami pun membuktikannya.

Kami mencobanya untuk menelepon, berkirim pesan, dan memainkan game. Hasilnya benar, baterai dapat bertahan kurang-lebih dua hari.Sebagai gambaran, dibanding baterai yang tertanam dalam Xperia Z3, baterai Xperia E4 hanya lebih kecil 800mAh. Namun, bila dibandingkan dengan ponsel di kelasnya, masa hidup Xperia E4 paling lama.

Sony juga menawarkan fitur STAMINA Mode bila dirasa ukuran baterai kurang mumpuni. Pasalnya untuk aplikasi inti saja, dengan menggunakan fitur ini bisa bertahan sampai dengan satu minggu.

Ilustrasi bateraj

Ilustrasi bateraj

Kesimpulan

Sony Xperia E4 bisa dibilang mengalami perbaikan besar dibanding pendahulunya, Xperia E3. Ukurannya sedikit lebih besar dan memiliki kemampuan lebih banyak ketimbang Xperia E3.

Sebagai ponsel pintar dengan harga terjangkau, Xperia E4 bisa menjadi pilihan, terutama karena daya tahan baterai yang panjang. Sebagai pilihan alternatif di kelas ini ada Motorola generasi kedua, yakni Moto E2. Pada kelas harga di bawah Rp2 juta,

Moto E2 cukup laris, tapi layarnya lebih kecil, yakni 4,5 inci TFT LCD dengan resolusi 960 x 540. Adapun prosesor yang dibenamkan adalah Snapdragon 410 quad-core 1,2 GHz. Berbekal sistem operasi terbaru Android Lollipop, Moto E2 dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,6 juta.

PLUS
– Baterai tahan lama.
– User interface mudah digunakan.
– Terdapat banyak aplikasi kamera.

MINUS
– Tidak ada NFC
– Belum mendapatkan jaringan LTE.  (inilah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *