Ponpes Tahfizd Sulaimaniyah Hadir di Sabang, Pemko Sediakan Biaya Pendidikan Santri Rp2 Juta/Tahun

SABANG | AcehNews.net – Pemerintah Kota Sabang menyatakan,Pesantren Tahfizd Sulaimaniyah Kota Sabang beralamat di Kompleks Masjid Agung Babussalam Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Sabang, akan segera membuka pendaftaran atau penerimaan santri pada tahun ajaran 2019-2020.

“Dalam waktu dekat ini Ponpes Tahfizd Sulaimaniyah Sabang akan segera menerima pendaftaran santri dan tahun ajaran 2019-2020 sudah beroperasi di Sabang,” kata Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria pada saat penandatanganan kesepakatan kerjasama pinjam pakai tanah dan bangunan atas nama Pemerintah Kota Sabang dengan Yayasan Sulaimaniyah Tahfizd Center Aceh, yaitu Abi Mansur Ali Hanafi Siregar selaku pembina yayasan dan ikut di dampingi oleh Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah kota sabang, Drs. Marwan. Jumat malam (21/6/2019).

Di tempat terpisah, Walikota Sabang, Nazaruddin mengatakan, pihaknya telah lama berupaya menghadirkan Ponpes Tahfizd Sulaimaniyah di Kota Sabang dan hal itu termasuk dalam salah satu visi misi Pemerintah Kota Sabang Periode 2017-2022.

“Ini bagian dari program Pemerintah Kota Sabang yakni melahirkan generasi qurani di Kota Sabang. Insya Allah dengan dukungan dan doa bersama, kita yakin dari Kota Wisata Sabang akan lahir ribuan hafiz quran, maka harapan kita bersama, dengan dimulainya penerimaan santri di pesantren hafiz Quran Turki Sulaimaniyah di Sabang dipastikan akan memberikan perubahan besar terhadap dunia pendidikan agama Islam di Sabang,” kata Nazaruddin yang akrab disapa Tgk Agam, Sabtu (22/6/2019).

Sebagaimana program Pemerintah Kota Sabang terhadap dunia pendidikan telah turut menyediakan biaya untuk satri/santriwati yang mondok/boarding di pesantren maupun dayah sebesar Rp400 ribu/bulan selama 11 bulan. Pemko Sabang juga menyalurkan biaya pendidikan per santri Rp2 juta/per tahun.

Kemudian, untuk santri yang mondok di luar Sabang diberikan biaya pendidikan sebesar Rp2,5 juta per tahun. Dana bantuan untuk santri tersebut disalurkan melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah.

Dengan hadirnya Ponpes Tahfizd Sulaimaniyah di Sabang maka telah lengkap Lembaga pendidikan Agama dan Umum di Kota Sabang, seperti Pondok Pesantren Modern, Dayah terpadu, Dayah salafiyah dan pesantren Tahfizd Al Qur’an. (Ra)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com