Polres Aceh Tengah Wacanakan Program Polisi Berkebun

AcehNews.ne|TAKENGON – Polres Aceh Tengah menggelar seminar sehari peningkatan produktifitas kopi arabica Gayo yang berlangsung di Takengon, Selasa (15/03/2016).

Seminar tersebut menurut Kasat Binmas Polres Aceh Tengah, AKP Suwarno, ditujukan untuk mendukung program polisi berkebun dengan menghimpun masukkan dari para pihak untuk meningkatkan produktivitas kopi Arabica Gayo.

Suwarno selaku Ketua Panitia menyebutkan, selain seminar pihaknya juga melaksanakan pelatihan polisi berkebun dan lomba kampung Kamtibmas mandiri dengan melibatkan para Bhabinkamtibmas bekerjasama dengan kelompok petani kopi sehingga terwujudnya Siskamtibmas di lingkungan masyarakat.

“Sebenarnya rangkaian kegiatan polisi berkebun sudah direncanakan sejak pertengahan Februari lalu,” ujar Suwarno.

Ada empat narasumber dalam seminar sehari tersebut diantaranya, Prof. Abubakar Karim yang menyampaikan materi pengaruh unsur hara, struktur tanah, dan ketinggian tempat penanaman kopi Arabica Gayo terhadap aroma cita rasa kopi dan produktifitas untuk menghadapi pasar global.

Selanjutnya, Ida Sofiati, Direktur PT. SMS Indo Putra menyampaikan materi tentang pembenahan tanaman kopi menuju kopi organik. Kemudian Ir. Winaryo Suyono, materi tentang sertifikasi kopi organik dan terakhir Kapolres Aceh Tengah, AKBP Dodi Rahmawan menyampaikan materi tentang program polisi berkebun.

“Harapan kita program polisi berkebun dapat dijadikan program daerah untuk memperkuat para penyuluh pertanian dan perkebunan khususnya penyuluh petani kopi,” demikian Suwarno.

Seminar dibuka oleh Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM dan turut dihadiri oleh unsur Forkopimda setempat, SKPK terkait, para akademisi, komunitas dan penggiat bisnis kopi serta mahasiswa. (Ads)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *