14-16 September 2015,
Piasan Seni Banda Aceh Akan Digelar

AcehNews.Net|BANDA ACEH- Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banda Aceh kembali menggelar Piasan Seni 2015. Perhelatan para seniman dan budayawan ini akan berlangsung mulai 14 hingga16 September di Taman Sari dan Rumah Budaya Banda Aceh.

Tujuan dari even tahunan ini, selain ajang silaturrahmi para seniman dan budayawan juga bertujuan untuk mempromosikan seni, budaya, dan potensi wisata yang ada di Kota Banda Aceh khususnya dan Aceh umumnya.

Kadisbudpar Kota Banda Aceh, Fadhil S.Sos MM|Saniah LS

Kadisbudpar Kota Banda Aceh, Fadhil S.Sos MM|Saniah LS

Kadisbudpar Kota Banda Aceh, Fadhil S.Sos MM, Rabu (9/9/2015) di Banda Aceh kepada AcehNews.net menjelaskan,Piasan Seni Banda Aceh 2015 mengusung tema Inspiration of Art, akan menampilkan berbagai atraksi kesenian daerah, apresiasi karya seniman, dan serta edukasi bagi para pegiat seni serta masyarakat.

“Even ini kami harapkan nantinya akan dapat membuka ruang promosi untuk menarik investasi di Aceh,” kata Fadhil di ruang kerjanya yang berkantor di Ulee Lheue, Banda Aceh.

Lanjutnya, sesuai dengan temanya, Piasan Seni Banda Aceh 2015 kali ini mengupayakan rangsangan terhadap beragam inspirasi cemerlang yang akan menjadi sebuah ide kreatif untuk sebuah karya. Diharapkan mampu memancing semangat berkarya bagi para pelaku seni dan masyarakat untuk menghasilkan karya-karya baru yang kreatif dan inovatif sesuai perkembangan zaman dengan tetap menanamkan prinsip kearifan budaya lokal sebagai klimaksnya.

“Komunitas seni, seniman atau pegiat seni yang telah dikenal dan cukup memperoleh tempat di hati masyarakat, even tahunan ini juga melibatkan kelompok seni yang tergolong baru dan potensial untuk mengembangkan seni dalam nuansa baru,” jelasnya lagi.

Piasan Seni 2015 memberi nuansa baru dimana turut ikut serta komunitas seni sekolah dan kampus, serta komunitas seni dari gampong-gampong (desa:red) kreatif yang ada dalam sembilan kecamatan di Banda Aceh.

Berbagai kegiatan yang akan disajikan pada Piasan Seni Banda Aceh 2015 antaranya; Pameran Seni, Panggung Hiburan Rakyat, Workshop Seni, Panggung Apresiasi Seni, Aneka Perlombaan dan Anugerah Budaya. (Adv)

Berikut agenda acara Piasan Seni Banda Aceh 2015:

  1. Pameran Seni; Piasan Seni akan memamerkan aneka produk seni tradisional, modern dan kontemporer di Taman Sari.
  1. Panggung Hiburan Rakyat yang akan menampilkan berbagai pertunjukan seni dan kreatifitas lainnya di panggung utama Piasan Seni 2015.
  1. Workshop Seni, menyajikan materi pelatihan atau diskusi kesenian. Acara terbuka untuk umum di setiap stand yang menyajikan edukasi, juga di Panggung Apresiasi dan Rumah Budaya Banda Aceh.
  1. Panggung Apresiasi Seni, merupakan ruang apresiasi karya para seniman lewat sebuah panggung mini. Akan dipusatkan di arena Pameran Seni.
  1. Aneka Perlombaan di Taman Sari sebagai wujud dari penggalian potensi dan kreatifitas dan meninjau perkembangan kesenian dan daya kreasi terhadap kemajuan zaman; Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SMA/sederajat, Perguruan Tinggi dan Umum, dan Lomba Lukis bagi remaja Pelajar tingkat SMP/SMA sederajat se-Kota Banda Aceh. Lomba digelar di Taman sari.
  1. Anugerah Budaya sebagai bentuk apresiasi Disbudpar Banda Aceh terhadap pelaku-pelaku seni dan budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *