Masyarakat Lembah Seulawah sedang menggarap lahan pertanian

Pertanian Menjadi Sektor Unggulan Aceh Besar

JANTHO – Kabupaten Aceh Besar dengan jumlah 604 gampong (desa) tersebar di 23 kecamatan,  hingga saat ini memiliki area persawahan dengan luas 30.521 hektare. Terdiri dari sawah irigasi teknis 12.596 ha, sawah irigasi sederhana 4.480 ha, dan sawah tadah hujan 13.445 ha.

“Sektor pertanian merupakan ujung tombak perekonomian masyarakat selain perkebunan, peternakan, kehutanan, pariwisata, dan perikanan di Kabupaten Aceh Besarm,” sebut Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah beberapa waktu lalu.

Kata Bupati dari Partai Aceh ini, untuk meningkatkan kesejahteraan petani, perlu adanya upaya-upaya terobosan baik secara teknis maupun non tehnis. Sesuai visi dan misi Pemkab Aceh Besar yang terus meningkatkan kesejahteraan petani.

Berbagai program telah di laksanakan Pemkab Aceh Besar untuk memaksimalkan hasil pertanian.  Salah satunya adalah menggalakkan tanaman pangan. Hasilnya selama dua tahun Aceh Besar selama dibawah kepemimpinan Mukhlis Basyah  dan Syamsulrizal, mampu melaksanakan peningkatan produksi padi.

Pada 2012, Aceh Besar  mendapatkan  penghargaan dari Menteri Pertanian atas keberhasilan disektor pertanian dan pada 2013, produksi padi di Aceh Besar mencapai 248,078,88 ton, dengan produksi rata-rata 6,85 ton per hektare.

“Aceh Besar kembali mengalami surplus sebanyak 145,706,63 ton. Pada 2014 ini, Aceh Besar kembali menargetkan produksi padi sebesar 293,828,55 ton dengan luas area tanam 44,750 hektar,” jelas Mukhlis kepada acehnews.net di ruang kerjanya.

Sementara itu Kadis Pertanian Aceh Besar, Hasballah menambahkan, saat ini luas lahan pertanian di Aceh Besar sebut dia, seluas 33.150 hektare.  Untuk itu kata dia lagi, berbagai bantuan terus diberikan untuk petani di Aceh Besar. Salah satunya dengan memberikan bantuan bibit unggul dan menempatkan penyuluh di setiap desa,  agar dapat menghasilkan produksi pertanian  sesuai yang diharapkan.

“Kami telah banyak membantu para petani dengan harapan agar produktivitas sektor pertanian dapat terus ditingkatkan. Sejak beberapa tahun terakhir pihak kami juga terus berupaya menyediakan berbagai sarana baik tehnis maupun non tehnis, salah satunya dengan membangun jalan tani  dan membuka jaringan irigasi,” tandasnya mengakhiri percakapan.

Beberapa program berhasil dilaksanakan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Aceh Besar dengan berbagai sektor pembangunan diklaim Pemkab Aceh Besar telah mencapai tujuan. Namun, di sektor pertanian Pemkab Aceh Besar  ingin mewujudkan cita-cita tercapainya Aceh Besar yang mandiri, sejahtera, dan damai berdasarkan syariah.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com