Penjualan Apel Impor di Banda Aceh Turun Dratis  

BANDA ACEH – Setelah adanya pelarangan mengkonsumsi apel impor asal Amerika Serikat (AS), jenis Granny Smith dan Gala oleh Kementerian Pertanian, baru-baru ini, karena diduga tercemar bakteri Listeria monocytogenes, mempengaruhi penjualan jenis apel impor lainnya di Banda Aceh dan permintaannya pun turun drastis.

AcehNews.net memantau sejumlah pasar buah di Banda Aceh, Senin (2/2/2015), sebagian pedagang masih menyediakan apel Granny Smith (berkulit hijau) asal Amerika yang diduga tercemar bakteri listeria monocytogenes. Padahal beberapa hari lalu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh sudah melarang menjual apel jenis tersebut meski belum semuanya ditarik dari peredaran.

Salah seorang pedagang buah di Banda Aceh, Edi  mengaku, sudah mendapatkan teguran dari pihak Disperindag beberapa hari lalu, supaya tidak menjualnya apel impor Amerika tersebut. Tapi, kata Edi, petugas dari Disperindag, tidak mengambil apel Granny Smith tersebut.

Menyangkut dengan pelarangan mengkonsumi apel yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes tersebut, sejumlah pedagang buah di Banda Aceh mengaku, sangat memperngaruhi penjualan jenis apel lainnya.  “Sejak ada isu tidak boleh konsumsi apel tersebut, sekarang penjualan jenis apel lainnya menurun dibandingkan sebelumnya sekitar 50 persen,” sebut Lina salah seorang pedagang di Setui. (agus)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *