Pengrajin Aceh Diminta Lebih Kreatif dan Inovatif

BANDA ACEH|AcehNews.Net – Ketua Dekranasda Aceh, Hj Niazah A Hamid meminta pengrajin Aceh agar lebih kreatif dan inovatif dalam mendesain produk kerajinannya sehingga mampu bersaing di pasar global.

“Produk kerajinan Aceh memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen manca negara, namun desainnya masih konvensional. Untuk itu perajin kita harus kreatif dan inovatif serta mengikuti perkembangan pasar sehingga mampu bersaing,”ujar Niazah saat penutup acara Pelatihan Peningkatan Mutu Design Produk- Pengembangan Industri Kerajinan Daerah di Seramoe Kerajinan Aceh, Banda Aceh, Selasa (26/5/2015).

Lanjutnya, persaingan di pasar kerajinan sangat ketat. Ada ratusan produk kerajinan yang bernuansa etnik dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu, perajin Aceh harus memenangkan persaingan itu dengan produk unggulan, yang desainnya kreatif dan inovatif.

Niazah A Hamid mengatakan,  jika produk-produk kerajinan yang dihasilkan perajin Aceh menarik diyakininya, akan mampu bersaing dan menjadi pemenang di pasar lokal, nasional, maupun internasional, sehingga memberikan keuntungan ekonomi yang lebih baik bagi pengrajin itu sendiri.

“Kreatifitas dan produktifitas merupakan strategi paling jitu untuk meningkatkan kesejahteraan dari perajin di Aceh serta pekerjanya,”kata Niazah, yang turut didampingi Hj Marlina Usman.

Diklat yang berlangsung selama 5 hari ini merupakan salah satu program Dekranasda Aceh untuk membantu para pengrajin di provinsi terujung di Pulau Sumatera ini agar dapat menciptakan produk yang lebih kreatif dan inovatif.  Peserta, dilatih dengan teknik-teknik desain agar menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Cut Kartina, salah satu peserta pelatihan dari Aceh Barat Daya, dalam pesan dan kesannya mengungkapkan, selama diklat berlangsung, para peserta sangat antusias mengikuti tahapan pelatihannya. Ia mengaku pelatihan tersebut berdampak positif bagi pengembangan pengetahuan untuk mengasah skill.

“Kami mendapatkan banyak ilmu bermanfaat untuk peningkatan kualitas kerajinan Aceh yang InsyaAllah nantinya ilmu ini bisa kami terapkan di daerah masing- masing,”paparnya.

Perajin dari Aceh Barat ini juga berharap agar pelatihan desain seperti ini lebih sering digelar, terutama di kabupaten/kota,sehingga para pengrajin di daerah dapat menghasilkan produk-produk kerajinan yang berkualitas. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *