Pemuda dan Masyarakat Abdya Mengibarkan Bendera di Pulau Gosong

AcehNews.Net|Blangpidie – Pemuda dan masyarakat Aceh Barat Daya yang tergabung dari beberapa lembaga diantaranya, Blood For Life Foundation (BFLF), komunitas fotografi Komfoos, Pusong Diving Club (PDC), Aceh Research Community (ARC), Kapal Pemuda Nusantara (KPN) dan Duta Wisata. Bekerja sama dengan Kodim 0110 dan Polres Abdya, melaksanakan kegiatan pengibaran bendera merah putih di Pulau Gosong (Pusong), Minggu (16/8/2015) yang merupakan salah satu tempat objek wisata di kabupaten tersebut.

Acara yang berlangsung sejak pukul 11.00 WIB itu, dipimpin langsung oleh pemuda perwakilan Aceh Research Community, dan dimulai dengan bentuk kreasi oleh tim  Pusong Diving Club (PDC). Yaitu, penyerahan bendera dilakukan dengan cara dibawa dari bawah laut berkedalaman sekitar 5 meter. Sebelum diberikan kepada pasukan pengibaran bendera. Terlebih dahulu diserahkan  kepada Dandim Letkol Inf Suhartono ke atas pulau, Sebagai pembina pada pelaksanaan upacara menyambut HUT RI ke-70 ini.

Pelaksanaan upacara yang dilakukan  di atas pulau tersebut merupakan upacara perdana dilakukan di kabupaten Aceh Barat Daya. Dan diikuti oleh belasan masyarakat, TNI, Polri, dan ibu-ibu dari PKK. Kegiatan juga berlangsung khitmad hingga selesai.

Dandim Aceh Barat Daya Suhartono, sebagai pembina upacara mengatakan, ini adalah suatu bentuk kepedulian, kebanggaan, dan cinta tanah air. Ia juga menyebutkan, bahwa ini adalah kegiatan yang sangat pisitif dilakukan oleh, kelompok pemuda maupun  masyarakat yang mencintai negara ini.

“Hal ini patut diberi apresiasi karena proses pelaksanaannya murni kegiatan dari anak-anak muda di Abdya. Kami, TNI dan POLRI hanya mendukung  dan memberi fasilitas, sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Suhartono, usai pengibaran bendera.

Dia menjelaskan alasannya memilih Pulau Gosong (Pusong), karena pulau ini memiliki potensi besar ke depannya.  “Pasti memiliki potensi yang cukup tinggi nantinya. Nah,  Apabila tidak kita jaga atau mengamankannya, maka dikawatirkan akan dikuasai pihak-pihak tertentu yang menginginkan pulau ini,” tutur Dandim 0110 Abdya.

Ia berharap, agar kedepan pelaksaan upacara di Pulau Gosong tersebut bisa dijadikan agenda tahunan menjelang peringatan Hari Ulang Kemerdekan Republik Indonesia.

Ketua Penyelenggara kegiatan Nasruddin Oos, saat ditanyai AcehNews.Net, aksi pengibaran bendera ini katanya,  adalah untuk menanamkan kembali rasa nasionalisme kepada pemuda dikalangan Aceh Barat Daya.

Pengibaran bendera ini juga kata Nasruddin, belum pernah diadakannya di atas pulau atau di bawah laut. “Bahkan kita juga menginginkan agar Pulau Gosong ini menjadi objek wisata unggulan di Aceh Barat Daya,” jelas pemuda yang disapa Oos.

“Saya berharap nantinya agar setiap pengunjung yang datang kemari (Pulau Gosong) harus menyiapkan kantong plastik untuk membawa pulang kembali sampah yang telah dibawa,”tegasnya.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kajari Blangpidie, Waka Polres, dan Pekka (Program Kepala Keluarga). Pulau Gosong di tepuh melalui dermaga Ujong Serangga, Susoh. Untuk tiba di sana hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kapal nelayan. (zuhri)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com