Pemko Banda Aceh Gelar Peringatan BBGRM dan HKG PKK  

BANDA ACEH|AcehNews.Net – Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-43 yang dipusatkan di Komplek Masjid Al-Badar, Gampong Kota Baru, Kuta Alam, Banda Aceh beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh, Ir Buraida, yang juga selaku ketua panitia mengatakan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dengan semangat gotong royong dan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Ia memaparkan, peringatan BBGRM dan HKG PKK tahun ini diisi dengan beragam kegiatan, di antaranya gotong royong massal yang melibatkan seluruh SKPD pada 15 Mei lalu, pembinaan gampong dan pameran hasil usaha kelompok masyarakat.

“Untuk tingkat nasional, peringatan puncaknya akan digelar di Minahasa Utara pada 28 Mei 2015, sementara tingkat provinsi telah digelar pada 20 April lalu di Gampong Paya Bujok, Langsa. Untuk tingkat Banda Aceh kita gelar hari ini,” jelasnya.

Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk bermuhasabah. Apakah sudah benar-benar membangun kota ini secara gotong royong. Illiza juga pada kesempatan itu mengungkapkan rasa syukurnya karena saat ini semangat gotong royong mulai tumbuh kembali di kotanya.

“Kami tidak bisa berkerja sendiri, dalam Al-Quran disebutkan Semut saja memiliki sifat gotong royong. Sifat gotong royong itu sangat penting, dan itu sempat hilang pasca baru-baru tsunami dulu.  Saat itu, orang membersihkan halaman rumahnya saja dibayar oleh NGO.”

Untuk Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh, Illiza berpesan agar jangan ada kesenjangan dalam organisasi dan harus mepupuk selalu rasa kebersamaan. Tim Penggerak PKK di semua gampong kata walikota harus diaktifkan kembali dan mengajak warga untuk  memanfaatkan perkarangan rumah dengan menaman sayur-sayuran organik.

Pada kesempatan itu, walikota juga mengapresiasi pihak panitia dan masyarakat Gampong Kota Baru yang ia nilai telah sukses menyelenggarakan acara yang turut dihadiri oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadhillah tersebut.

Sebagai gampong yang akan mewakili Banda Aceh ke ajang perlombaan desa terbaik tingkat provinsi, menurut Illiza telah banyak perubahan-perubahan positif yang ia lihat di Gampong Kota Baru. “Saya dan Pak Arif beri nilai 90 untuk Gampong Kota Baru dan semoga nanti bisa menang di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional,” harapnya sambil menutupnya dengan Amiin.

Selesai memberi kata sambutan, Walikota Banda Aceh, Ketua DPRK, dan Wakapolresta Banda Aceh AKBP Sugeng Hadi S, memukul bedug secara bergantian sebagai pertanda dimulainya rangkaian acara puncak BBGRM XII dan HKG PKK ke-43 di Banda Aceh.

Di akhir acara, Illiza dan Ketua Tim Penggerak PKK Banda Aceh Buraida menyerahkan bantuan secara simbolis kepada sejumlah perwakilan gampong yang hadir. Bantuan tersebut antara lain peralatan gotong royong, peralatan membuat kue dan modal usaha untuk keluarga miskin. (Adv)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *