Pelantikan Virtual Serentak, 12 Pejabat di BKKBN Aceh Dilantik Menjadi Pejabat Fungsional

BANDA ACEH | AcehNews.net – Sebanyak 12 pejabat Administrator dan Pengawas di jajaran Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh, dilantik dan diambil sumpahnya, sebagai pejabat fungsional oleh Kepala BKKBN Pusat, Hasto Wardoyo secara virtual, Jum’at (17/7/2020).

Pelantikan dilakukan serentak di 34 provinsi di Indonesia melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung melalui Media Sosial BKKBN.

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Sahidal Kastri mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan fungsional tersebut melalui mekanisme penyetaraan serta inspassing di lingkungan BKKBN di seluruh Indonesia.

Usai pelantikan, Sahidal mengatakan, pelantikan tahap pertama ini, ada 12 pejabat yang dilantik, sedangkan sisanya akan dilantik kemudian dan sedang menunggu persetujuan dari Kemen PAN RB.

“Jabatan fungsional dimaksud mengutamakan fungsinya. Jadi ada fungsional sebagai penyuluh KB ada fungsional sebagai analis jabatan dan beberapa fungsional yang lainnya,” jelas Sahidal kepada awak media usai pelantikan.

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo secara virtual mengatakan, pegawai BKKBN yang dilantik dalam jabatan fungsional secara keseluruhan lebih 900 orang namun dilakukan secara bertahap.

“Pelantikan ini juga diharapkan agar pelayanan kepada masyarakat bisa cepat dan lebih terukur,” kata Hasto.

Prosesi pelantikan ini juga dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, secara virtual di Ruang Majapahit Kementerian PANRB, Jakarta.

Tjahjo Kumolo mengatakan, ada beberapa kelemahan dari struktur organisasi birokrasi saat ini. Struktur birokrasi yang gemuk menjadikan proses pengambilan kebijakan dan keputusan berjalan lambat. Oleh karena itu, dengan adanya penyederhanaan struktur, diharapkan kinerja birokrasi menjadi lebih efisien dan efektif.

“Harapannya melalui jabatan fungsional dapat meningkatkan semangat kerja, sekaligus menjadi pengembangan karier pegawai yang berintegritas dan profesional,” demikiab pungkasnya. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *