Pasien Positif Covid-19 Asal Aceh Besar Meninggal

BANDA ACEH | AcehNews.net – Satu pasien positif Covid-19 asal Aceh Besar yang dirawat di Respiatory Intensive Care Unit (RICU), RSUZA Banda Aceh, Selasa (14/7/2020) atau sekitar pukul 05.30 WIB meninggal dunia. QSementara itu, tiga lagi tercatat kasus baru positif terinfeksi virus corona di Aceh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media, mengatakan, berita duka itu diterimanya dari Koordinator Pelayanan Tim Penyakit Infeksi Emerging Covid-19, RSUZA, dr Novina Rahmawati, M.Si.Med, Sp.THT.KL,FICS

Jelas Jubir Covid-19 Aceh ini, pasien yang meninggal 107 yang meninggal pagi tadi seorang laki-laki berusia 54 tahun, warga Aceh Besar. Ia menjalani perawatan di RICU-RSUZA sejak 12 Juli 2020, sebagai pasien rujukan dari salah satu Klinik Kesehatan di Kawasan Kajhu, Aceh Besar. Saat tiba di RSUZA, kondisi pasien dalam keadaan sesak dan memiliki gejala khas pneumonia, serta indikasi lain yang mengarah ke penderita Covid-19.

“Pasien Kasus 107 ini mengaku tidak punya riwayat ke daerah penularan, atau menerima tamu yang berasal dari zona infeksius virus corona, dalam 14 hari terakhir. Selain itu, ia juga tidak mempunyai riwayat kontak erat Covid-19 lainnya. Tetapi pemeriksaan swab dengan Test Cepat Molekuler (TCM) pada hari pertama dirawat di RICU menunjukkan hasil Positif Covid-19,” ungkap SAG.

Menurut SAG, tim Medis RICU-RSUZA telah bekerja keras melakukan perawatan, sebagaimana pasien-pasien Covid-19 lainnya yang umumnya sudah sembuh.

“Jenazah telah dimakamkan dengan Protokol Kesehatan di Gampong Neheun, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. Prosesi pemakaman dilaksanakan oleh Tim Instalasi Pemulasaraan Jenasah RSUZA Banda Aceh yang dibantu keluarga juga masyarakat, serta disaksikan perangkat gampong dan Muspika setempat,” ujarnya.

Selanjutnya SAG menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Gampong Neuheun, tokoh masyarakat, dan Muspika setempat, yang telah menunaikan fardhu kifayah untuk Almarhum secara sempurna. (Saniah LS/ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *