Pantai Ujung Balla, Destinasi Wisata Bahari Baru di Simeulue

SINABANG | AcehNews.Net – Pesisir Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, memang terkenal dengan keindahan wisata baharinya. Pantai yang masih natural menyimpan sejuta pesona bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau terluar Aceh ini.

Pantai Ujung Balla salah satunya, pantai ini berada di Desa Pulau Bengkalak Kecamatan Teupah Selatan, letaknya tak terlalu jauh dari Seputaran pusat Kota. Dari pusat Kota Sinabang, hanya memerlukan waktu kurang lebih 25 menit atau 11 kilo meter jarak tempuh.

Sebelum sampai di pantai ini, pengunjung disuguhkan pemandangan alam yang indah. Sepanjang perjalanan, kita dapat melihat pemukiman penduduk mulai dari pusat kota hingga ke Desa Pulau Bangkalak dimana lokasi pantai itu berada. Sekitar lima kilo meter sebelum sampai kita melewati dua buah gunung yang cukup tinggi, dari atas gunung yang pertama kita daki, kita bisa menikmati panorama laut lepas.

Setelah melewati dua gunung itu, kita menemukan jembatan yang belum siap dikerjakan. Ada jalan belum diaspal sebelah kiri setelah jembatan, di situlah jalan menuju ke pantai itu. Nah, jalan ini panjangnya sekitar dua kilo meter, jalan ini lah satu-satunya akses untuk sampai ke pantai yang sangat mempesona itu.

Mesti sedikit cape karena kultur jalan yang sedikit bergelombang karena belum diaspal, tetapi pasti terbayar dengan keindahan panorama pantai Ujung Balla tersebut.

Menariknya, pantai ini ada dua macam tempat untuk snorkeling atau sekedar mandi. Di sisi kiri air nya agak dalam cocok bagi pecinta snorkeling, sedangkan di bagian tengah pantai ini ada tempa mandi yang aman bagi anak-anak, sebab tidak dalam. Sedangkan sisi kanan pantai ada hamparan batu karang, selain cocok untuk tempat memancing, juga kerap dijadikan spot berselfie para pengunjung.

Pantai Ujung Balla ini terbilang destinasi wosata baru di Simeulue, kendati demikian, berkat keindahan yang disuguhkan tempat yang masih natural ini, hampir setiap pekan selalu diminati pengunjung sebagai tujuan untuk menghabiskan hari libur bersama rekan dan keluarga.

Bagi yang tak suka mandi, snorkeling, tempat ini pas buat pengunjung yang ingin menghabiskan waktu untuk sekedar duduk dan menikmati view alam yang eksotis.

Wisatawan yang berkunjung ke Simeulue, jangan lewatkan menyambangi pantai ini. Keindahan alam di pantai ini, tentu cukup membayar lelah anda selama perjalanan. Ayo ke Simeulue, ayo ke pantai Ujung Balla.(Jen)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com