Pameran Wisata Halal di Malaysia, Stand Aceh Dipadati Pengunjung

JOHOR BAHRU | AcehNews.net – Aceh terus bersinar dan berbagi cahaya dengan wisatawan dalam berbagai kesempatan, salah satunya melalui pameran wisata bertajuk halal “Johor International Islamic & Halal Festival 2019” dari 28 hingga 31 Maret 2019 di Persada Johor International Convention Center, Johor Bahru – Malaysia.

Sebuah pameran yang mempromosikan ragam produk halal, salah satunya pariwisata international.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin, Ahad (31/3/2019) mengatakan, bahwa keikutsertaan Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh dan pelaku industri wisata lainnya dianggap penting dalam rangka terus memperkukuhkan Aceh dengan ragam pesona wisata sebagai destinasi wisata halal dunia.

Menurut Jamal, keikutsertaan Aceh pada berbagai pameran wisata yang bertajuk halal, baik di dalam, maupun di luar negeri sungguh penting, tidak hanya untuk memperkenalkan Aceh sebagai daerah dengan sebutan Serambi Mekkah, dimana Islam untuk pertama sekali diperkenalkan dan berkembang pesat pada masa lalu dan untuk memperkuat positioning Aceh sebagai destinasi wisata halal dunia, tapi juga untuk mempromosikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi.

“Dengan ragam pesona wisatanya, baik dari wisata alam, seni budaya, kuliner, sampai wisata petualang yang telah menjadi perhatian wisatawan global,” ujar Jamal bersama dengan Konsul Jenderal RI, Haris Nugroho di Johor Bahru.

Jamal juga menambahkan, keberhasilan Aceh memperoleh pengakuan dunia sebagai salah satu destinasi wisata halal dunia “World’s Best Halal Cultural Destination”, perlu terus dipertahankan, salah satunya melalui penampilan Aceh pada berbagai expo atau pameran di dalam dan luar negeri.

Kabid Pemasaran Rahmadhani menambahkan, keikutsertaan Pemerintah Aceh pada pameran halal di Johor Bahru memiliki makna tersendiri karena wisatawan dari Johor Bahru menduduki lima top kunjungan wisatawan ke Aceh dan stand Aceh menjadi pusat perhatian pengunjung.

“Johor International Islamic & Halal Festival 2019 adalah pameran perdana yang diikuti oleh Pemerintah Aceh di Johor. Pengunjung pameran hampir selalu memadati stand Aceh, karena selain didekor khusus dan unik yang merefleksikan nuansa kubah masjid dan berbagai photo-photo berukuran lebar dengan berbagai segmen utama, seperti wisata alam (petualangan), Masjid Raya Baiturrahman, penampilan seni tari Seudati, Saman, Ratoh Jaro, dan lain sebagainya.
Pun penampilan ragam paket wisata tematis menarik, seperti Tsunami Heritage, Wonderful Sabang Underwater, Wonderful Ramadhan, Surfing, dll, ” ungkapnya saat melayani beberapa pengunjung di Stand Aceh.

Sementara, Kasi Analisa dan Pengembangan Segment Pasar, Nurlaila Hamjah mengatakan, pada pameran tersebut, ikut serta Duta Wisata Aceh 2019, pelaku industri wisata lainnya, dan Tim Seni Aceh. Keikutsertaan dalam rangka memberikan kesan positif bagi pengunjung.

“Sepasang Duta Wisata Aceh, M. Hernan Rusydi dan Elzira Fellicia, pelaku industri wisata Aceh lainnya, seperti Asoe Nanggroe Travel dan Gadeng Wisata Travel serta penampilan tim seni Aceh dari Sanggar Meuruno Art tampil maksimal dalam melayani dan memberikan ragam informasi tentang potensi wisata Aceh,” demikian kata Lela.

Lanjutnya, khusus penampilan tim tari Aceh dengan judul “Tari Ratoh Jaroe” dan “Piasan Meulaot”, berhasil tampil maksimal, sekaligus mengajak pengunjung pameran untuk datang dan berwisata di Aceh. (Saniah LS/ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *