Pabrik Kayu di Belawan Terbakar, Banda Aceh Gelap Gulita

AcehNews.net|BANDA ACEH – Sejumlah daerah di Aceh masih tergantung listrik dengan Sumatera Utara. Kejadian kebakaran pabrik kayu di Belawan, Sumatera Utara mengakibatkan aliran listrik Belawan-Binjai terganggu dan begitupun ikut membuat Banda Aceh gelap gulita sekitar pukul 18.45WIB.

Rilis yang diterima AcehNews.net dari Agung Murdifi, Manager Senior Publik Relation PT.PLN Sumatera Utara melalui kawan-kawan jurnalis di Medan mengabarkan, bahwa terjadi kebakaran pabrik kayu PT. Canang Indah yang berada diantara kabel tower 3 dan 4 mengakibatkan putusnya kabel saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Belawan-Binjai yang menyalurkan daya dari pembangkit Belawan ke sistem Sumatera Bagian Utara .

“Kebakaran ini menyebabkan seluruh pembangkit di Belawan tidak dapat beroperasi. Akibatnya sistem kelistrikan yang memasok Sumatera Utara dan Aceh mengalami padam kecuali untuk gardu Induk (GI) Sei Rotan,”ujar Agung dalam rilis tersebut.

Atas gangguan ini kata Agung, PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan keadaan kebakaran ini.  Lanjutnya, butuh waktu sekitar 6 jam untuk proses pemulihan dan saat ini PLN sedang melakukan pernormalan bertahap dengan menormalkan pembangkit Belawan selanjutnya melalui SUTT 150 kV Belawan-Payapasir-Payageli-Binjai dan lalu pembangkit PLTU Pangkalan Susu dan Sistem Aceh.

Sekitar pukul 23.30 WIB listrik di seluruh wilayah Kota Banda Aceh mulai normal kembali. Dan sebelumnya wilayah Aceh Tamiang, Aceh Timur, Lhoksukon-Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, dan Banda Aceh dari informasi yang diterima AcehNews.net gelap gulita akibat peristiwa kebakaran pabrik kayu di Belawan, Sumut yang mengakibatkan putusnya kabel saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) Belawan-Binjai.

“Kami dari kemarin mati listrik smp malam ini belum hidup,” kata warga Lhoksukon, Qasimil via phone saat dikonfirmasi acehnews.net, Ahad malam (17/01/2016).

Deputi Manager HUM dan Kom PLN Area Aceh, Said Mukarram Ahad malam (17/01/2016) mengatakan melalui Serambi Indonesia sebagai yang dikutip AcehNews.net membenarkan hal itu dan saat berita ini diturunkan, Banda Aceh sekitar pukul 00.00 WIB listriknya padam kembali. (saniah ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *