Mie Kocok Blangpidie…Hmmm Yamiee!

AcehNews.net – Aceh selain terkenal dengan keindahan panorama alam dan baharinya, juga kaya beragam makanan tradisionalnya yang sangat menjual wisata kulinernya. Karena setiap kabupaten/kota yang disinggahi wisatawan akan ada kuliner yang khas daerah tersebut yang sayang untuk dilupakan.

Semisal, di Kabupaten Bireuen terkenal dengan Sate Matang dan Bakso Gatok, Langsa dengan Sop Tulang Sumsum, Aceh Besar dengan Ayam Tangkap dan Kari Kambing, Sabang dengan Mie Sedap dan Bakpia, Aceh Barat dengan Kopi Tubrok, Pidie Jaya Kue Adee, Pidie dengan Bakpia Bakar dan bubuk Cokelat rasa lokal, Banda Aceh Mie kepiting, Dendeng Aceh dan Ikan Kayu, dan sebagainya.

Makanan merupakan hal yang biasanya dicoba oleh para pelancong saat mereka mengunjungi suatu daerah. Di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di Ibukota kabupaten ini, Blangpidie, salah satu kuliner  yang diburu wisatawan yang baru datang daerah ini adalah Mie Kocok. Jika mendengar kata Blangpidie selain pala makanan khas pantai-barat selatan pasti terkenal dengan mie kocoknya.

Mie kocok merupakan makanan yang sering diburu pelancong ketika berada di Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya. Mie kocok dapat ditemukan dibeberapa warung di Blangpidie seperti warung Cina tanpa nama di daerah pertokoan Blangpidie lengkap dengan mie putihnya. Ohya Anda yang muslim jangan takut untuk makan di warung Cina di Abdya ini, karena semua makanan yang disajikan buat  Anda cicipi adalah halal.

Selain itu ada juga warung Mie Kocok Blangpidie di Kecamatan Susoh tepat di samping jalan sebelah kanan dari jalan Nasional Banda Aceh-Medan.

Mie kocok terbuat dari mie kuning dengan kuah yang sedap ditambah bumbu kering dan bawang goreng. Cocok di makan dengan pergedel. Di Blangpidie rata-rata harga mie kocok hanya Rp10.000/porsi dan pergedel Rp2.000/buah. Mie kocok dapat menunda lapar dan juga memanjakan lidah dengan wangi kuah kaldunya dan rasa mie kocok yang gurih.

Mie kocok biasanya kawan makannya selain pergedel, telur rebus, dan acar bawang. Bicara acar bawangnya tiada duanya di tempat lain. Selain itu mie kocok juga ditaburi toge juga daging hancur yang menambah kriuknya.  Selamat mencoba. (nita juniarti)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com