Mensos RI Kunjungi Pengungsi Rohingya di Langsa  

LANGSA|AcehNews.Net – Mentri Sosial RI, Khofifah Indar Parawangsa  Ahad siang (24/5/2015) mengunjungi pengungsi Rohingya di Langsa dan Aceh Timur . Dalam kunjungannya Mensos sempat bersosialisasi dengan para pengungsi, membagi dan memasangkan jilbab kepada para imigran perempuan  dan membagikan Alquran.

Dengan mata berkaca-kaca Mensos juga sempat menggendong seorang bocah imigran yang menangis , lalu Mensos juga mengajak anak-anak imigran membaca Alquran .

Kepada wartawan di sela-sela kunjungannya, Mensos mengungkapkan, saat ini Pemerintah RI sedang mengurus dokumen untuk para imigran Bangladesh agar bisa segera dipulangkan, sedangkan untuk imigran Myanmar akan tetap diberi suaka.

“Dalam waktu dua tiga hari ini, Menkumham akan ke Medan untuk  mengurus dokumen para imigran Bangladesh agar bisa dipulangkan, namun untuk imigran asal Myanmar  akan tetap diberikan suaka berdasarkan hasil konvensi pengungsi yang ditandatangani oleh sejumlah negara dan PBB,” jelasnya kepada wartawan.

Warga Bangladesh dipulangkan karena latarbelakang mereka pergi dari negaranya akibat faktor ekonomi sedangkan warga Myanmar harus diberikan suaka karena di negaranya terjadi konflik antar etnis yang mengakibatkan kaum Rohingya tertindas dan dibunuh,” demikian ucap Mensos saat menjawab pertanyaan sejumlah media di pengungsian Rohingya di Langsa.

Saat ini jumlah keseluruhan imigran dari Bangladesh dan Myanmar yang berada di empat titik penampungan di Aceh berjumlah 1.759 jiwa, dimana 564 jiwa  berada di Lhoksmawe, 672 jiwa di Pelabuhan Kuala Langsa, 476 jiwa di Aceh Timur, dan 47 jiwa di Aceh Tamiang . (vio)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *