Mebel Rotan Menjadi Andalan Simeulue

SINABANG | AcehNews.Net – Mebel dari bahan rotan akan menjadi produk unggulan di Sumeulue. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Simeulue, sejak Senin (11/3/2019) mulai melatih masyarakat Simeulue Timur, untuk membuat mebel berbahan baku rotan.

Pelatihan pembuatan Furnitur rumah tangga yang diadakan pemerintah ini, dilakukan di gedung SRG milik pemerintah setempat, yang berada di kawasan Linggi Kecamatan Simeulue Timur.

Sedikitnya, para peserta pelatihan mebel ini ada 20 orang. Umumnya, mereka yang dilatih ini khusus warga yang berasal dari wilayah Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, yang memiliki minat dan hobi dibidang tersebut.

Adapun mebel yang dibuat dalam pelatihan ini yakni meja, kursi, rak buku, dan skat ruang tamu. Semua jenis mebel tersebut berbahan baku rotan asli hasil hutan Kabupaten kepulauan itu.

Epo Juliansyah, salah seorang peserta yang merupakan Ketua Kelompok Dua mengaku, senang dengan adanya pelatihan seperti ini.

Menurutnya, apa bila pelatihan ini dapat mencetak pengrajin rotan, ia optimis ke depan, usaha di bidang usaha mebel akan sangat menjanjikan. Tentu juga perlu dukungan pemrintah pemasarannya dan masyarakat yang mengutamakan mengunakan mebel produk lokal. Dengan demikian kata dia akan membantu pengrajin mebel mengembangkan usahanya itu.

“Kami sangat berharap kepada pemerintah semoga pelatihan ini bukan sekedar pelatihan saja, tetapi Pemkab diharapkan nantinya bisa membantu kami baik dibidang permodalan maupun pemasaran,” ujarnya kepada AcehNews.Net, Jum’at kemarin (15/3/2019).

Sementara itu, Rasmani, salah seorang pelatih yang sengaja didatangkan pemerintah dari Cirebon secara terpisah mengatakan, kalau di Simeulue bahan baku rotan melimpah. Ia berharap masyarakat setempat yang mengikuti pelatihan bisa menjadi pengrajin rotan yang bisa mengembangkan usaha mebel rotan di Kabupaten Simeulue.

Menyahuti harapan peserta pelatihan agar dibantu pemasaran, Kadis Disperindag dan UKM Kabupaten setempat, Ibnu Abbas mengatakan, bahwa pihaknya sudah menyusun strategi untuk memasarkan hasil usaha para pengrajin tersebut. Salah satunya akan membuat sentra rotan di Simeulue.

“Kalau hasil produksinya sudah banyak. Kedepan akan kita buat sentra mebel rotan di Simeulue,” demikian pungkasnya.(Jenedi)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com