Masyarakat Trumon Cemas, Harimau Mangsa Sapi Milik Warga

TAPAKTUAN | AcehNews. Net – Seorang warga Gampong Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan bernama Hasbi menemukan sebuah kepala sapi di kawasan kebun cabai masyarakat setempat, Kamis siang kemarin (12/9/2019), sekira pukul 11.00 WIB.

Menurut informasi yang diperoleh dari Camat Trumon Tengah, Tahta Amirullah, kepala sapi itu ditemukan sekitar 500 meter dari pemukiman penduduk. Diduga, sapi itu dimangsa oleh harimau.

“Diduga keras sapu berumur sekitar delapan bulan itu dimakan oleh harimau liar. Pemilik sapi adalah seorang petani bernama Sudirman (49),” ujarnya saat dikonfirmasi.

Camat menjelaskan, Sudirman selaku pemilik sapi sempat melihat adanya seekor harimau di kawasan itu. Ia pun langsung pulang ke rumah karena merasa takut. Bahkan informasi lain yang diperoleh, warga juga melihat jejak kaki harimau di lokasi.

“Sekitar tiga hari lalu sebelum sapi itu hilang, Pak Sudirman ada lihat langsung harimau dekat kebunnya,” ungkapnya.

Penemuan kepala sapi ini telah dilaporkan ke pihak BKSDA selaku penanggung jawab dan pengawasan satwa liar. Masyarakat pun berharap agar BKSDA segera menemukan solusi terbaik yang dapat membuat masyarakat merasa aman dan nyaman saat bekerja di kebun.

“Diduga harimau tersebut memiliki anak, ini dugaan Tetuha Gampong (orang yang dituakan di gampong) karena badan (lembu) itu diseret ke tempat lain tidak dimakan di lokasi. Masyarakat gampong sempat heboh karena penemuan kepala sapi ini,” ungkap Tahta.

Sementara, Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo yang dikonfirmasi AcehNews. Ney secara terpisah mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan masyarakat ini. Pengahalauan ini pun akan dilakukan besok oleh tim gabungan yang juga melibatkan seorang pawang harimau.

“Anggota saya dibantu WCS sudah turun ke lokasi, hari ini saya tugaskan pawang untuk turun ke lokasi melalukan penghalauan. Kami juga akan pasang kamera trap untuk pemantauan serta penyisiran dari kemungkinan ada yang memasang jerat,” demikian jelasnya. (Teks: Hafiz Photo: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *