Masyarakat Aceh Kecewa, AKBP Untung Sangaji Dimutasi ke Sumut

LHOKSUKON | AcehNews.net – Masyarakat Aceh Utara dikagetkan dengan beredarnya surat telegram Kapolri nomor ST/669/III/KEP/2018, yang berisi kenaikan jabatan dan mutasi para pejabat kepolisian dari berbagai daerah salah satunya Polres Aceh Utara.

Didalam surat elektronik tersebut tertera Kapolres Aceh Utara, AKBP Achmad Untung Surianata akan naik jabatan dan berpindah tugas ke Sumatera Utara dengan posisi Wadirpolair, sementara itu jabatan Kapolres Aceh Utara akan digantikan oleh AKBP Ian Rizkian Milyardin yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Aceh Singkil.

Saat dikonfirmasi oleh AcehNews.net, Sabtu (10/03/2018), AKBP Untung Sangaji membenarkan hal tersebut. Dia mengaku sempat terkejut terhadap pemindahan ini. Untung mrngatakan, dia  hanya bisa menerima dan melaksanakan tugas yang sudah diperintahkan secara baik dan profesional.

“Siapa yang bisa terima kayak begini, di Thamrin orang lari aja bisa naik pangkat. Ya nga apa-apa saya ucapkan terima kasih saja kepada  Kapolri dan Kapolda Aceh yang  sudah memindahkan saya di Sumut sebagai Wadirpolair. Nanti kita liat kalau saya lelah dan tidak mampu bekerja ya saya akan berhenti,” ucap Untung dengan nada kecewa.

Selain itu masyarakat Aceh juga merasa kecewa terhadap perpindahan wilayah yang dialami oleh Untung. Terlebih lagi Aceh Utara menjadi daerah paling aman saat pelaksanaan Pilkada beberapa waktu yang lalu, mengingat wilayah tersebut merupakan titik merah setiap musim pemilihan kepala daerah.

Syahrial(65) warga Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara menuturkan sangat kecewa terhadap keputusan tersebut mengingat pemilihan presiden akan segera berlangsung. Masyarakat Aceh Utara mulai khawatir apabila pemilihan kali ini akan kembali menjadi konflik diwilayah yang terkenal rawan tersebut.

“Kepedulian Pak Untung kepada masyarakat Aceh Utara luar biasa, saya beliau harus dimutasi ditempat lain,” tutur Syahrial.

Kapolres yang terkenal berjiwa sosial ini, menjadi icon baru di wilayah Aceh Utara. Beberapa gebrakannya membawa dampak positif bagi sebahagian besar masyarakat, mulai dari pemberantasan narkoba, tindakan kriminal, membangun fasilitas umum hingga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang bernaung diwilayah hukumnya.

“Kaget juga baca di media, kalau salah satu Kapolres terbaik di jajaran Pokda Aceh akan dimutasi adalah Kapolres Aceh Utara, Untung Sangaji. Secara kan beliau itu kan sangat bagus kerjanya, menuntas narkoba dan kriminal yang cukup tinggil angka kasusnya di Aceh Utara, terlebih lagi keberanian beliau menertibkan Waria, semoga pengganti beliau nanti bisa sehebat beliau dalam menumpas kriminal dan narkoba di Aceh Utara, dan melanjutkan menertibkan LGBT,” demikian tutur Mia warga Banda Aceh. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com