Masuk Daftar Hitam, Dispora Aceh Besar Batalkan Tender

JANTHO | AcehNews.net – Dinas Pariwisata dan Olahraga (Dispora) Aceh Besar membatalkan tender salah satu proyek PORA ke XIII 2018. Pembatalan tender ini menyusul perusahaan pemenang yang masuk dalam daftar hitam.

Proyek yang dibatalkan yakni pembangunan gedung olahraga basket, voli, angkat berat dan tenis meja dengan nilai pagu Rp20,3 miliar lebih.

Beberapa waktu lalu, ULP menetapkan pemenang proyek pembangunan gedung olahraga tersebut yakni PT. Tangga Batu Jaya Abadi dengan nilai penawaran Rp19,9 miliar lebih.

Akan tetapi, belakangan proyek ini disanggah dari peserta lainnya karena perusahaan itu diketahui masuk dalam daftar hitam Laga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) yang berlaku sejak 12 Februari 2018. Perusahaan ini kabarnya pernah tercatat karena tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kontrak secara bertanggung jawab.

Kadisparpora Aceh Besar, Ridwan Jamil saat dikonfirmasi membenarkan perihal tersebut. Pihaknya kata Ridwan, telah membatalkan proses tender tersebut.”Kita sudah batalkan karena tidak ingin pembangunan proyek PORA ini bermasalah di kemudian hari,” ujarnya Selasa (3/4/2018).

Dia menjelaskan, Pembatalan itu dikarenakan pihak pemenang tidak mampu menyelesaikan masalahnya dalam batas waktu yang sudah disepakati.  “Saat itu jelas Ridwan, perusahaan yang bersangkutan  meminta waktu untuk menyelesaikan masalahnya secara hukum, tetapi hingga batas yang ditentukan tidak ada keputusan.

“Saat ini, proyek PORA sedang dalam proses tender ulang. Kita sudah minta ke ULP untuk ditender ulang, untuk informasi lanjut bisa konfirmasi ke pihak ULP,” kata Plt Kalaksa BPBD Aceh Besar ini.

Secara terpisah, Kepala ULP Aceh Besar, Syahrial mengatakan, proyek tersebut saat ini masih dalam proses tender ulang. Dispora kata dia,  meminta ULP untuk batalkan pemenang lama dan melakukan proses tender ulang.  Ia juga mengatakan, proses lelang proyek ini saat ini dalam tahap pemberian penjelasan atau aanwijzing.

“Tadi baru siap aanwijzing, jadi masih ada waktu untuk peserta mengupload dokumen untuk ikut tender,” demikian kata Syahrial.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com