Mahasiswa KPM UIN Tewas Tenggelam di Waduk

BANDA ACEH – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang sedang mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat Partisipatory Action (KPM-PAR), Eriza (25) meninggal dunia akibat tenggelam di Waduk Keliling , di Aceh Besar, Rabu siang (13/5/2015).

Korban dikabarkanteman-teman satu KMP-PAR nya, meninggal diduga karena kelelahan saat ingin menyebrang ke pulau yang tidak jauh dari tempat pembubaran panitia yang dilakukan mahasiswa KMP-PAR UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Hari ini adalah hari pembubaran panitia, setelah melaksanakan beberapa perlombaan di Kecamatan Kuta Cot Gile, Kabupaten Aceh Besar. Selesai makan siang bersama dan menunaikan shalat zuhur, Eriza langsung cebur ke waduk tanpa menunggu temannya yang lain.

“Sebelum makan siang, Eriza ada bilang sama saya, dia ingin sekali berenang. Kemudian selesai makan siang bersama-sama, dia langsung shalat zuhur dan kemudian saya lihat dari jauh sudah cebur ke waduk untuk berenang ke pulau seberang.  Waktu itu sekitar pukul 14,00 WIB,” cerita Ridha rekan se-KPM-PAR kepada AcehNews.net Rabu sore (13/5/2015).

Namun kata Ridha, ketika almarhum hampir sampai sekitar 3 meter lagi ke  daratan pulau yang ingin dikunjunginya, korban terlihat seperti kelelahan  berenang. Teman-teman yang melihat langsung menolong dengan menggunakan perahu karet milik masyarakat yang kebetulan ada di sekitar waduk.

“Kami langsung menolong mengevakuasi  Eriza ke dalam perahu karet, dan pada saat itu nadinya masih berdenyut, namun  sebelum sampai ke daratan tiba-tiba berhenti,” cerita Ridha dengan raut wajah yang sedih. Menurut Ridha temannya ini bisa berenang, namun dia tidak tahu apa yang menyebabkan Eriza tenggelam. Menurut Ridha lagi, diduga temannya itu kelelahan saat berenang.

Setelah dibawa ke darat, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), Di RSUZA terlihat jenazah korban  sudah dimasukan ke dalam ambulance untuk dibawa pulang ke kediaman orang tuanya di  Aceh Selatan. Terlihat dua teman korban berada di dalam ambulance ikut mengantarkan jenazah ke Aceh Selatan.

Eriza adalah mahasiswa asal Aceh Selatan. Almarhum kuliah di jurusan Hukum Keluarga, Fakultas Syariah dan Hukum Islam UIN Ar-Raniry, yang saat ini sedang menempuh kuliah akhir KPM-PAR bersama mahasiswa UIN Ar-Raniry lainnya. (zuhri)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *