Lanud SIM Adakan Lomba Menembak Ekslusif 

BANDA ACEH | AcehNews.net – Seluruh personel mengasah kemampuan menembak baik dengan laras panjang maupun pendek, di Lapangan Tembak Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (26/03/2018).

Selain bersifat penyegaran, kata Kadisops Lanud SIM, Letkol Pas Khairul Arifin selaku koordinator, kegiatan ini juga  sebagai lomba menembak eksklusif yang diikuti setiap staf di Lanud.

Disamping latihan rutin, menurut Kadisops Lanud Sultan Iskandar Muda, kegiatan menembak menjadi salah satu ajang bergengsi perorangan baik Lanud Sultan Iskandar Muda maupun Kompi C Yonko 469 Paskhas yang memperebutkan hadiah menarik dikemas dalam rangkaian kegiatan Bulan Dirgantara Lanud SIM.

Sebelum memulai kegiatan, Kadisops menjelaskan latihan yang dibalut perlombaan menembak eksklusif merupakan bentuk pembinaan dalam mengasah kemampuan menembak perorangan dengan senjata laras pendek kemudian dilanjutkan soft briefing untuk menyegarkan kembali tahapan sebelum dan sesudah menembak.

“Ikuti instruksi dari pelatih ataupun instruktur di lapangan agar kegiatan dapat berjalan lancar,” kata Letkol Pas Khairul Arifin.

Sementara, Danlanud SIM, Kolonel Nav Indrastanto Setiawan yang turut berlomba menegaskan kepada peserta dan panitia agar saling mengingatkan budaya safety saat memegang senjata karena menggunakan peluru tajam.

“Latihan menembak sudah sering kita lakukan dan tentunya sudah familiar dengan senjata yang dipergunakan, tetapi jangan lengah untuk selalu mengutamakan safety saat mengunakannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan,” ujarnya.

Seandainya ada kesulitan, lanjutnya, jangan memaksakan untuk mengatasinya sendiri tetapi sampaikan kepada instruktur agar dibantu mengatasinya.

Kegiatan menembak kali ini, terpasang papan lisan tembak jarak 100 meter, dimana 3 peluru sebagai percobaan, 20 butir peluru dengan tiga sikap, sikap tiarap, duduk dan berdiri dengan senjata laras panjang jenis SS1.

“Sedangkan yang diperlombakan menggunakan senjata laras pendek jenis Glock 42 dan G2 Combat, jarak tembak 20 meter dari papan lisan dimana tiga peluru sebagai percobaan dan 10 peluru sebagai penilaian,” kata Danlanud.

Untuk juara, kata Danlanud akan diumumkan saat acara puncak HUT Ke-72 TNI Angkatan Udara, 09 April mendatang.  (hafiz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *