Lamleubok, Wakil Aceh Besar Pada Lomba Gampong

JANTHO|AcehNews.Net– Gampong Lam Leubok, Kecamatan Indrapuri, mewakili Kabupaten Aceh Besar mengikuti lomba gampong tingkat Provinsi Aceh 2015. Pembukaan penilaian lomba yang diikuti gampong terbaik Aceh Besar itu, dilakukan tim Provinsi Aceh dipimpim Kepala BPM Aceh, Drs Zulkifli Hs MM, Rabu (20/5/2015) di meunasah gampong setempat.

Kepala BPM Aceh, Drs Zulkifli Hs MM mengatakan, pada lomba gampong ada tiga kriteria yang dinilai oleh tim penilai yaitu administrasi, klarifikasi lapangan dan presentasi pemaparan gampong. Sebut Zulkifli, dari 18 kabupaten/kota yang diverifikasi ikut lomba gampong, hanya 10 gampong yang memenuhi syarat dan lulus administrasi untuk ikut lomba tingkat provinsi. Termasuk Gampong Lamleubok, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar salah satunya.

Kesepuluh gampong tersebut, kata Zulkifli Hs yakni Gampong Kota Baru (Banda Aceh), Lamleubok (Aceh Besar), Meureubo (Aceh Barat), Deah Pangwa (Pidie Jaya), Lampoh Lada (Pidie), Uning Kuneng (Gayo Lues), Blang Pulo (Lhokseumawe), Paloh (Aceh Utara), Suka Mulia Upah (Aceh Tamiang), dan Karang Anyer  (Langsa).

“Nantinya hanya enam gampong akan dipanggil ke BPM Aceh untuk persentasi tentang gampongnya pada 8 hingga 10 Juni mendatang untuk diambil satu yang terbaik untuk mewakili Aceh ke tingkat nasional,” jelasnya.

Sementara Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah yang didampingi Kabag Humas dan Protokol, Muhammad Iswanto kepada wartawan menjelaskan, bahwa gotong royong dan integrasi antara pemerintah dengan masyarakat merupakan kunci dalam membangun desa atau gampong.

“Kemajuan sebuah gampong mempengaruhi kemajuan suatu negeri, perlombaan gampong seperti ini sangat perlu untuk menjadikan masyarakat gampong lebih kompetitif,” kata Mukhlis Basyah.

Pada kesempatan itu, Bupati Aceh Besar mengungkapkan bahwa Desa Aneuk Glee, Indrapuri Aceh Besar pada 1975 pernah meraih juara lomba gampong provinsi dan mewakili Aceh di tingkat nasional. “Insya Allah pada tahun ini Gampong Lamleubuk, mewakili Aceh Besar bisa berprestasi serta bisa mewakili Aceh ke tingkat nasional untuk lomba yang sama,” harap Bupati Mukhlis Basyah.

Sedangkan Keuchik Lamleubok, Sayuti SP menjelaskan, tentang geografis dan demografi gampong, serta berbagai lembaga penunjang memajukan gampong baik dari sektor pembangunan pertanian maupun pembangunan ekonomi, koperasi simpan-pinjam serta lembaga kepemudaan, PKK, serta lembaga kemasyarakatan lainnya.

Acara yang berlangsung di meunasah Gampong Lamleubok ini dihadiri juga seluruh tim penilai gampong tingkat provinsi, unsur forkopimda Aceh Besar, para Kepala SKPD Pemkab Aceh Besar, para Camat, Muspika Indrapuri, Keuchik dalam kecamatan Indrapuri dan masyarakat gampong setempat.(mariadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *