KPU Merauke Gelar Bimtek Penggunaan Sirekap Sesuai Prokes Covid-19

MERAUKE | AcehNews.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke menggelar bimbingan teknis (bimtek) pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan Sistem Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Merauke sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama dua hari, 26 hingga 27 November 2020 di Swiss-bel Hotel Merauke, Papua.

Ketua KPU Kabupaten Merauke, Theresia Mahuze, menuturkan, bimtek pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan sirekap merupakan lanjutan dari simulasi yang dihelat sebelumnya di Kantor Distrik Tanah Miring baru-baru ini. Diikuti oleh PPD dan sekretaris PPD dari 20 distrik di Kabupaten Merauke.

“Hari ini (PPD, red) semua hadir, memang sangat penting karena nanti di TPS kita laksanakan pemungutan dan perhitungan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tentu berbeda dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya,” tutur srikandi Papua di tanah Anim Ha ini kepada wartawan usai membuka secara resmi bimtek pemungutan dan perhitungan serta penggunaan sirekap, Kamis petang (26/11/2020).

Theresia menjelaskan, peserta bimtek akan diberi materi di hari pertama kemudian simulasi penggunaan aplikasi sirekap di hari kedua. Sejalan dengan penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati Merauke 2020 ditengah pandemi wabah virus Corona maka protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, benar-benar harus diterapkan.

“Kami berikan pemahaman kepada petugas-petugas kami dalam hal ini PPD, PPS dan KPPS bahwa nanti di hari H harus kita laksanakan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan ada beberapa formulir yang baru seperti C KWK dan salinan KWK. Setelah ini PPD diharapkan melaksanakan bimtek kepada PPS dan KPPS, tandasnya seraya berharap momentum tersebut dapat membedah kasus-kasus yang terjadi selama ini di lapangan. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *