Kostratani Dongkrak Pertanian di Merauke

MERAUKE | AcehNews.net – Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke bersama Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, dan BPTP mengimplementasikan program Komando Stategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) dari Kementrian Pertanian.

Kepala Karantina Merauke Sudirman, SP kepada AcehNews.net menuturkan, program kostratani fokus terhadap pmbangunan pertanian ditingkat kecamatan atau distrik yang diselaraskan dan dihubungkan langsung dengan Menteri Pertanian. Terkait luas lahan, luas tanam, produksi, kebutuhan lokal, harga dan lain-lain.

“Kostratani dipusatkan di kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) masing-masing distrik. Ada tiga BPP di Merauke yakni Wasur, Semangga dan Tanah Miring,” terangnya, Selasa (11/8/2020) kemarin.

Mengawali kegiatan, Kata Sudirman, digelar sosialisasi kostratani kepada seluruh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) wilayah kerja BPP Wasur pada Selasa (11/8/2020). Dimana PPL merupakan garda terdepan pertanian. Dengan adanya Kostratani maka PPL didukung dengan teknologi informasi.

Menurutnya, karantina bersama instansi terkait siap melakukan pendampingan kepada PPL di BPP. Selain itu, Karantina pertanian akan berperan aktif dalam peningkatan pelayanan produk ekspor produk pertanian.

“Di hilir, Karantina menjamin kualitas produk pertanian asal Merauke. Ini menjadi bagian penting dalam mendukung program Kostratani. Kemudian dalam pelaporan kegiatan kostratani melalui aplikasi laporanutama.pertanian.go.id,” lugas pria berdarah Jawa Barat ini.

Dari 3 BPP yang didaftarkan ke BPSDMP Kementerian Pertanian sebagai model percontohan program kostratani, BPP Wasur merupakan BPP pertama di Kabupaten Merauke yang sudah siap baik dari sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia-nya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Merauke, Ir. Y. Ratna Laoce, M. Si mengungkapkan, segala informasi yang ada di lapangan dilaporkan secara daring/online dan langsung terhubung ke Agriculture War Room Kementerian Pertanian.

Ditempat yang sama, Kepala Distrik Merauke, Herman Kanggion S.STP menyambut baik program kostratani di wilayahnya dan akan memberikan dukungan peran serta secara maksimal.

“Kostratani sangat bagus, dan saya merasa terhormat menjadi Ketua Kostratani di tingkat distrik. Mari kita majukan pertanian kita sehingga hasil produksinya dapat dirasakan masyarakat” ujarnya. (Hidayatillah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *