Koperasi Polres Merauke Akan Beli Ketrampilan Home Industri Mama Papua

MERAUKE | AcehNews.net – Ibu Ndari Untung S. yang kini menjabat Ketua Cabang Bhayangkari Merauke mengusulkan koperasi Polres Merauke untuk membeli hasil produksi keterampilan home industri masyarakat terutama mama-mama Papua yang sedang dilatih oleh AKBP Untung Sangaji.

Hal itu disampaikan Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji, kepada wartawan, Rabu (6/1/2021). Dikatakan, pelatihan ketrampilan home industri kembali digalakkan bagi satu tim baru yang merupakan mama-mama Papua suku Asmat berlangsung pukul 12.30 sampai selesai dan mahir di tenda pelatihan ketrampilan Polres Merauke.

“Semoga berjalan lancar dan esok hari Ketika sodara-sodara kita ini sudah mahir maka alat-alat mesin produksi itu kita berikan kepada mereka untuk mereka lakukan sendiri di rumah dan hasil produksinya dibeli oleh koperasi Polres Merauke atas usulan Ketua Cabang Bhayangkari,” tuturnya.

Home industri yang dibangun AKBP Untung Sangaji awal bertugas di Merauke ini sudah mengajarkan mama-mama Papua peracik minuman keras dan para pemabuk yang tertangkap saat membuat onar. Kini, awal tahun 2021, Kapolres Merauke kembali melatih mama-mama Papua dari suku Asmat yang kesehariannya menjadi pemulung di Merauke.

Sehari sebelumnya, mama-mama Papua pemulung dari suku Asmat itu ditemui Kapolres ketika sedang aksi berbagi beras dan masker menggunakan mobil Jeep nya disepanjang jalan kota Merauke disela-sela bertugas melakukan pengamanan.

Selanjutnya mengajak mama-mama Papua tersebut untuk menikmati kue cake dan minuman segar jus di sebuah café sembari menawarkan lapangan kerja berupa home industri. Selain mama Papua, Pria berdarah Ambon ini juga menemui anak-anak jalanan penghirup lem aibon untuk diberikan arahan sekaligus beras, masker dan mengingatkan menjaga protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

Dari tawaran home industri AKBP Untung Sangaji, mama-mama Papua suku Asmat pun sangat bersemangat dan mendatangi kantor Polres Merauke sehari kemudian untuk mengikuti latihan mengupas kelapa, memarut buah kelapa dengan alat yang sudah disediakan hingga memeras dan memasak santan.

Mama Papua tak canggung belajar langsung dari polisi bergelar insinyur dan magister hukum yang merupakan anak kedua dari Alm. Peltu Muhammad Hendro dan Siti Rohani. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *