Kini Sabang Sudah Bisa Dilalui Lewat Udara dari Kuala Namu

SABANG – Garuda Indonesia  ATR 72-600 dengan kapasitas sebanyak 70 penumpang, resmi mendarat di Bandara Maimun Saleh, Sabang,  Jumat (6/2/2015) pukul 10.37 WIB,  Dengan demikian penerbangan ke Sabang sudah bisa ditempuh melalui Kuala Namu, Sumatera Utara.

Penerbangan perdana dari Bandara Internasional Kuala Namu ke Maimun Saleh, Sabang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, Panglima Komando Operasi Angkatan Udara, A. Dwi Putranto, dan Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo di dua bandara.

Rute baru Kuala Namu – Sabang  merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia untuk terus memperkuat jaringan penerbangannya domestik di tanah air, khususnya di daerah wilayah Timur dan Barat Indonesia. Dan sekaligus sebagai bentuk dukungan Garuda Indonesia untuk perkembangan industri pariwisata di tanah air khususnya di Aceh.

Sebelumnya Garuda Indonesia di tahun yang sama telah meresmikan penerbangan perdana Kuala Namu-Lhokseumawe  pada 4 Februari 2015 dan Kuala Namu-Meulaboh dua hari sebelumnya yaotu 2 Februari, dengan menggunakan jenis pesawat yang sama yaitu ATR 72-600.

“Dengan dibukanya tiga jalur penerbangan udara dari Kuala Namu ke Sabang, Lhokseumawe, dan Meulaboh,  akan berdampak terhadap peningkatan pariwisata dan perekonomian Aceh di masa mendatang,” ujarGubernur Aceh,  Zaini Abdullah di Sabang.

Menurutnya, maskapai penerbagangan Garuda Indonesia merupakan anak dari Seulawah, sudah sewajarnya Garuda Indonesia mengembangkan sayapnya memperluas jalur penerbangan antar Sumatera Utara dengan kabupaten/kota di Aceh.

Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo mengatakan, dengan telah dibukanya layanan penerbangan Kuala Namu – Sabang, menandai bahwa saat ini Garuda Indonesia telah melayani penerbangan dari Sabang sampai Merauke.

“Ini penerbangan ke-60 destinasi domestik di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dimana layanan Garuda tersebut telah meningkatkan konektivitas dan menghubungkan seluruh kepulauan Indonesia mulai dari yang paling Barat hingga paling Timur,” kata M. Arif.

Dengan pengoperasian rute Kuala Namu – Sabang pada hari ini, M. Arif menyebutkan, Garuda Indonesia telah 32 kali penerbangan dari dan ke Aceh setiap minggunya. Rincinya 32  penerbangan itu meliputi rute Jakarta-Banda Aceh 14 kali seminggu, Medan-Banda Aceh tujuh kali seminggu dan masing-masing Kuala Namu-Meulaboh 4 kali, Kuala Namu-Lhokseumawe 3 kali seminggu. (saniah ls)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *