Kilometer Nol di Sabang Juara 1 Wisata Terunik dan Populer di Indonesia

SABANG | AcehNews. Net – Kilometer Nol Indonesia, Kota Sabang terpilih menjadi destinasi wisata terunik dan populer dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 yang diserahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia kepada Walikota Sabang, Nazaruddin bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta. Jum’at Malam (22/11/2019).

“Iya wisata Kilometer Nol Indonesia Kita dapat juara satu wisata terunik dan populer di Indonesia, dan Kita harapkan ini akan terus dapat dipertahankan” kata Walikota Sabang seusai menerima penghargaaan.

Setelah Kota Sabang, wisata terunik dan populer posisi kedua diraih oleh destinasi wisata Gua Mabala di Kabupaten Sabu Raijua, dan ketiga wisata Danau Kaolin di Kabupaten Bangka Tengah.

Walikota Sabang juga mengatakan, penghargaan tersebut menjadi motivasi Pemerintah Kota Sabang untuk terus berinovasi dan bekerja dalam upaya meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Kota Sabang.

“Pada intinya Pemerintah akan terus bekerja, dan terus berfikir bagaimana mempertahankan penghargaan yang telah kita dapatkan dan mampu bersaing dengan daerah-daerah lainnya” kata Nazaruddin yang akrab disapa Tgk Agam.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, Faisal menambahkan, tugu nol kilometer diresmikan pada 9 September 1997 oleh Wakil Presiden RI, Try Sutrisno, sehingga tugu itu menjadi simbol perekat dari Sabang sampai Merauke. Namun seiring berjalannya waktu tugu itu beberapa kali dilakukan renovasi.

“Desain tugu kilometer nol itu memiliki beberapa arti filosofi, seperti empat pilar yang menjadi penyangga merupakan simbol batas-batas negara yaitu Sabang sampai Merauke dan Miangas sampai Pulau Rote,” jelasnya.

Selanjutnya, Faisal mengatakan, lingkaran besar pada tugu merupakan analogi dari angka nol dan motif senjata rencong menjadi simbol bahwa Aceh juga turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Penghargaan yang diraih semalam, sebagai motivasi bagi pelaku industri dan masyarakat Kota Sabang, untuk terus menjadikan Kota Sabang sebagai destinasi unggulan pariwisata bahari di Aceh khususnya dan Indonesia umumnya, serta menjadikan Kota Sabang sebagai kota yang layak, aman dan nyaman bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara,” demikian pungkas Faisal yang ikut menemani Walikota di Jakarta. (Isra/Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *