Keuchik dan Kelompok Informasi Gampong di Sabang Ikut Pelatihan Aplikasi SIGA

SABANG | AcehNews.net – Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Aceh melaksanakan pertemuan dengan Kelompok Informasi Gampong (KIG) dalam rangka peningkatan kwalitas Kelompok Informasi Gampong (KIG) dengan pelatihan pemanfaatan website gampong.id dan aplikasi Sistim Informasi Gampong (SIGAP) untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik di Aula Media Center Kota Sabang.

Pelatihan ini mendapat dukungan antusias dari 18 Geuchik dan 18 Ketua KIG dari 18 Gampong di dua Kecamatan , Suka Jaya dan Suka Karya, sehingga dilakukan penandatanganan komitmen mendukung pelatihan peningkatan kwalitas anggota KIG, dukungan dana dari anggaran Gampong untuk honor admin (operator) Website gampong.id dan aplikasi SIGAP.

Komitmen melaksanakan input dan updating data dan potensi gampong pada website gampong.id dan aplikasi SIGAP.
Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kota Sabang di wakili oleh Dewi Fortuna, Kabid Pelayanan Informasi, menyambut baik komitmen KIG dan Geuchik Gampong untuk menggunakan dana gampong dalam mendukung KIG memanfaatkan website gampong.id dan Aplikasi SIGAP.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, diwakili Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik, Alfajrian AB, SE. MM menyampaikan, bahwa Pemerintah Aceh dengan program Sistim Informasi Aceh Terpadu (SIAT) mendukung berjalannya aplikasi SIGAP yang menghimpun data di Gampong diantaranya data pendidikan, kesehatan, kependudukan dan potensi gampong lainnya. Pelatihan meliputi aplikasi SIGAP, website gampong.id dan dasar jurnalistik bagi KIG.

Hal ini menurutnya, memudahkan pihak gampong melayani kebutuhan masyarakatnya karena KIG menjalankan fungsinya sebagai mitra Pemerintahan Gampong, Pemerintah Daerah setempat, Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Pusat.

Lebih lanjut Alfajrian menekankan tentang nilai tambah yang bisa diperoleh masyarakat dari aktifnya pengelolaan informasi oleh KIG diantaranya memaksimalkan nilai tambah dari potensi gampong karena akses sudah terbuka.

“Kelengakapan data dan informasi memudahkan aksi pelayanan dan pembangunan di suatu daerah karena tidak akan salah kebijakan dan sasaran,” ujar Alfajrian.

Diakhir dialog Al fajrian menyatakan siap mendampingi dan membantu KIG di Sabang dengan terus berkomunikasi secara kontinyu.

Sementara itu Drs.Wardana.MSi, Kabid Pengembangan Kawasan,SDA & TTG dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh berharap aplikasi SIGAP bisa menjadi prioritas di gampong sebagai upaya mengumpulkan data terserak yang dilakukan oleh KIG selaku operator data dan informasi sehingga fungsi SIGAP sebagai pengolah data, pusat informasi dan pelayanan berjalan baik.

Terlihat pada saat berdialog, para Geuchik dan Ketua KIG 18 Gampong tersebut, mengharapkan aksi nyata dari komitmen yang telah disepakati, pelatihan yang direncanakan pada bulan Ramadhan mendatang akan menjadi penyemangat bagi aksi KIG selanjutnya.

Namun ada beberapa Gampong di Sabang yang tidak terkoneksi jaringan Internet, diharapkan hal ini menjadi perhatian dari Pemerintah agar isolasi ini segera teratasi.

Turut hadir Kabid pada Dinsos,PMG,PPda PA Kota Sabang,Deka Prisa ,SE.MM , Camat Kecamatan Suka Karya Hendra Kusuma,S.STP dan Sekretaris BAPPEDA Kota Sabang, M.Amin ST. (Nining)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com