Kenang Tsunami, PFI Aceh Gelar Pameran Foto

BANDA ACEH | AcehNews.net – Dalam rangka memperingati 13 tahun tsunami Aceh, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh kembali menggelar pameran foto. Kali ini, pameran foto akan digelar di Taman Putroe Phang, Banda Aceh dari 25 hingga 26 Desember 2017.

Ketua Panitia, Khalis Surry P menyebutkan, pameran foto PFI Aceh bertemakan “Cahaya dari Samudera” akan memamerkan 40 frame foto karya anggota PFI Aceh di seluruh kabupaten/kota.

“Semua anggota PFI menyumbangkan satu karya foto yang berkaitan dengan tema tersebut,” jelas Khalis.

Selain 40 frame foto, PFI Aceh juga memamerkan beberapa foto karya fotografer senior, Bedu Saini, yang berhasil merekam detik-detik terjadinya tsunami Aceh pada 2004 silam.

“Juga foto-foto rehab rekon yang berhasil dijepret oleh Bang Bedu kala itu,” kata Khalis.

Sementara itu, Ketua PFI Aceh, Fendra Tryshanie mengatakan, pameran foto yang digelar PFI setiap peringatan tsunami itu merupakan kegiatan rutin tahunan PFI Aceh. “Setiap tahun saat peringatan tsunami, kita selalu menggelar pameran foto, tapi temanya beda-beda,” ujar Fendra.

Untuk tahun ini, jelas Fendra, PFI Aceh mengambil tema “Cahaya dari Samudera” tak lain bertujuan memotivasi korban tsynaminyang selamat agar tidak takut denga laut.

Menurutnya, meski dahsyatnya gelombang laut meluluh lantakkan sebagian daratan Aceh pada 2004 silam, namun laut atau samudera janganlah dipandang sesuatu yang menakutkan.

“Laut juga memberi keberkahan bagi kita, memberi rezeki, nikmat Allah SWT yang terus kita rasakan hingga saat ini,” kata Fendra.

Oleh sebab itu, pameran kali ini, lanjutnya, PFI Aceh memamerkan puluhan foto yang bertemakan laut, foto-foto itu bukan lagi foto bencana, akan tetapi cerita dari laut yang terus memberi keberkahan dan pesona keindahannya.

“Sudah 13 tahun tsunami berlalu, sebaiknya kia tidak lagi larut dalam kesedihan, tapi mari kita menata Aceh yang lebih baik dan lebih hebat ke depan. Jangan lupa juga untuk terus mendoakan saudara-saudara kita yang telah berpulang dalam musibah 2004 silam,” ajak Fendra.

Direncanakan, pembukaan pameran foto ini akan dihadiri Ketua DPRA, Tgk Muharuddin, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, dan sejumlah pejabat lainnya. Pameran foto semalam 2 hari ini terbuka untuk masyarakat umum dan jug digelar diskusi foto bersama fotografer senior PFI Aceh. (haz/ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *