Kenali 8 Jenis Mawar Pemikat Hati

AcehNews.net – Siapa yang tidak tau mawar? Batang berduri dengan beberapa jenis menebarkan bau wangi yang elegan.

Sering sekali mawar menandakan sebuah moment spesial bahkan hits di lagu sejak jaman baheula. Meskipun lagunya hanya ada mawar merah, ternyata mawar tak hanya merah. Berikut Acehnews.net menghimpun beberapa jenis mawar yang tidak kalah cantik dari si mawar merah:

1. Mawar Damask

Mawar Damask. | blogsederhana.web.id


Bunga dengan bau harum yang sering digunakan dalam industri parfum ini, memiliki berbagai warna putih hingga pink gelap. Mawar ini tertua di dunia, ada dua jenis Musim Panas, yang mekar sekali di musim panas, dan Damask Musim Gugur (juga disebut damask empat musim), yang mekar di musim panas dan memiliki bunga kedua di musim gugur.

2. Mawar Gallica

Mawar Gallica. | indraprasetya76.wordpress.com


Mawar Gallica disebut juga sebagai Mawar Prancis atau Provins. Warnanya pink, merah, ungu, dan bahkan bergaris. Bunga ini berasal dari abad ke-12, dan sering digunakan sebagai obat serta aromanya harum. Mawar ini mekar sekali selama musim panas, dan tahan terhadap dingin.

3. Mawar Centifolia

Mawar Centifolia. | tokopedia.com


Mawar kubis adalah nama lainnya karena ketika mekar penuh dengan kelopak tipis, tumpang tindih sehingga menyerupai kubis. Warna mawar putih hingga merah muda, dan ketika mekar sering terkulai atau menunduk karena ukurannya yang besar. mawar ini sangat harum, sehingga digunakan dalam industri pewangi.
Mawar Centifolia mekar sekali setiap musim panas, tumbuh subur di bawah sinar matahari dan biasanya lebih tahan terhadap penyakit daripada varietas mawar lain.

4. Mawar Bourbon

Mawar Bourbon. | bukalapak.com


Mawar Bourbon pertama kali diperkenalkan di Bourle Bourbon, Prancis pada tahun 1817. Mawar ini merupakab hasil persilangan antara mawar Damask dan Cina. warna yang dihasilkan seperti pink, putih dan merah, dan memiliki aroma yang kuat. Mawar ini memiliki duri yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

5. Mawar Alba

Mawar Alba. | tokopedia.com


Semak tinggi dengan dedaunan biru-hijau yang indah dan bunga putih atau merah muda pucat, itulah jenis bunga mawar hibrida, yang sudah ada sejak dulu.
Bunga mawar Alba mekar sekali setiap akhir musim semi atau awal musim panas dan termasuk yang paling kuat dari mawar lain. Jenis mawar ini tahan penyakit, perawatan rendah, dan dapat bertahan di kondisi dingin.

6. Mawar Floribunda

Mawar Floribunda. | bibitbunga.com


Beberapa mawar lahir karena persilangan, salah satunya mawar ini, yang merupakan persilangan antara Hybrid Tea dan Polyantha mawar. Setiap batangnya menghasilkan sekelompok bunga besar dalam bentuk Hybrid Tea klasik. Warnanya biasanya oranye, kuning, merah muda, ungu, dan putih. Mawar ini, tahan penyakit, kuat dan mudah dirawat. Bentuknya yang kaku sangat cocok untuk lansekap di taman dan ruang publik.

7. Mawar Grandiflora

Mawar Grandiflora. | wikipedia


Persilangan antara Hybrid Tea dan Mawar Floribunda. Mawar Grandiflora memiliki bunga besar dan mencolok yang mekar pada batang panjang, Semak batangnya umumnya lebih besar dan lebih tegak dari Hybrid Tea.

8. Mawar Hybrid Tea

Mawar Hybrid Tea | luthfan.com


Mawar yang banyak warnanya ini, batangnya yang panjang dan tegak, membuatnya sangat populer. Mawar Hybrid Tea memiliki bentuk bunga yang besar dengan diameter lima inci. Mawar Hybrid Tea adalah yang paling kuat dari mawar modern lainnya dan memiliki reputasi karena butuh pemeliharaan tinggi. (Nita Juniarti/dari berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *