Himbauan Shalat Sunat Khusuf,
Kemenag Aceh Siapkan 10 Teleskop untuk Pengamatan Gerhana Bulan

BANDA ACEH | AcehNews.net – Bedasarkan perhitungan tim falakiyah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, akan terjadi fenomena alam yaitu gerhana bulan total di Indonesia, termasuk untuk Wilayah Aceh, Rabu (31/01/2018).

Sehubungan dengan peristiwa alam yang langka terjadi tersebut, Kemenag Aceh menyiapkan lokasi untuk pengamatan gerhana bulan total yang akan terjadi besok mulai dari setelah Magrib atau sekitar pukul 19.20 WIB.

Bagi Masyarakat Aceh yang ingin menyaksikan gerhana bulan Kemenag Aceh mempersilakan masyarakat bisa datang ke halaman Kanwil Kemenag Aceh di Jalan Abu Lam U,  No. 9 Banda Aceh.

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. M. Daud Pakeh, Selasa (30/01/2018) mengatakan, instansinya akan menyiapkan 10 teleskop pengamatan di halaman perkantoran mereka dan terbuka untuk masyarakat umum.

Selain pengamatan gerhana bulan, Kemenag Aceh juga, kata dia, akan melaksanakan shalat Sunat Khusuf yang akan di imami oleh Ust. Ivan Aulia. Lc, MA dan Khatib, Dr. Saifullah Yunus, Lc. MA.

“Sehubungan dengan peristiwa gerhana bulan, selain pemantauan, juga melaksanakan shalat Khusuf di Kanwil, kami juga menghimbau kepada masyarakat Aceh untuk melaksanakan ibadah shalat sunnah Khusuf di Masjid, mushalla, Dayah, atau tempat keramaian lainnya pada waktu tersebut di atas, atau dapat dilaksanakan setelah shalat Isya secara berjamaah,” katanya. 

Sementara Kabid Urais Binsyar, Drs. Hamdan MA menambahkan,  timnya akan memasangkan 2 teropong di lantai dua kantor dan 8 lagi akan ditempatkan di halaman kantor.

“Saat ini Tim sedang menyiapkan peralatan di lapangan untuk persiapan pengamatan gerhana bulan total besok,” jelas Hamdan.

Ia juga mengatakan, mengenai kemungkinan gerhana terpantau sangat tergantung pada keadaan cuaca, kalau cuaca bagus maka gerhana bulan total dapat dilihat sejak pukul 19.51 s.d 21.07 WIB.

Secara rinci pakar Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, S. HI.MH menyebukan, waktu terjadinya gerhana bulan tersebut untuk Wilayah Aceh, yaitu pada awal penumbral yaitu pukul 17:51:15 WIB. Kemudian awal kontak gerhana, sebutnya lagi pukul 18:48:16 WIB. 

“Mulai gerhana total pada pukul 19:51:05 WIB. Puncak gerhana total pada jam 20:29:59 WIB. Akhir gerhana total pada pukul 21:07:53 WIB, Akhir kontak gerhana sekira jam 22:11:41 WIB dan akhir penumbralnya pada jam 23:08:27 WIB,” sebut Alfirdaus.
 
Ia juga menyampaikan bahwa masyarakat dapat menyaksikan fenomena ini langsung dengan melihat ke arah bulan purnama. 

“Bulan purnama yang seharusnya berwana putih terang akan sedikit gelap, bahkan agak kemerah-merahan. jika suasana pada malam itu cerah. ukuran bulan purnama ketika gerhana kali ini terlihat lebih besar dari biasanya yang disebut dengan fenomena supermoon. hal ini karena posisi bulan lebih dekat dengan bumi.” demikian ujar Alfirdaus. (hafiz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *