Karantina Pertanian Merauke Bangun Konsolidasi Emosional

MERAUKE | AcehNews.net – Aneka kegiatan mewarnai hari karantina pertanian ke-143 Tahun 2020 di Kabupaten Merauke. Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementrian Pertanian RI, Stasiun Karantina Pertanian Merauke menghelat upacara virtual zoom di Hari Karantina Pertanian yang diperingati pada 18 Oktober 2020 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota.

Selain itu, digelar senam bersama instansi CIQS, lomba olahraga internal, lomba masak pangan lokal yakni sagu sep bagi DWP karantina pertanian dan bazar murah selama tiga hari berturut-turut dari 26 hingga 28 Oktober 2020 pukul 14.00-17.00 WIT. Bazar murah berupa gula pasir, minyak goreng, bawang merah, pentolan sapi, ayam beku, telur ayam, tepung dan banyak lainnya berlangsung di Kantor Induk Karantina Pertanian Merauke Jalan Peternakan, Mopah Lama.

“Kita disini merajut tali silaturahmi persaudaraan. Mari kita konsolidasi emosional supaya tidak membeda-bedakan lagi pusat dan daerah,” tutur Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman, SP kepada AcehNews.net saat senam bersama di Kantor Karantina Pertanian Merauke, Jum’at (23/10/2020).

Dikatakan, konsolidasi eksternal dan internal artinya bersinergi dan koordinasi antar lembaga/kementrian sehingga tugas pokok fungsi berjalan tanpa ego sektoral. Dengan demikian, tercipta hubungan kerja yang lebih harmonis.

Sambung Sudirman, mengacu pada Undang-undang Nomor 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan maka karantina pertanian bersama lintas sektor adalah pelayan masyarakat. Tetap menjaga kebugaran serta pola hidup bersih dan sehat di masa pandemi Covid-19.

“Kita dituntut melakukan pelayanan yang prima, cepat, tepat dan akurat. Terus membangun sinergitas karena masalah kelembagaan, infrastruktur, SDM perlu dikembangkan. Tuntutan kedepan semakin berat, adanya perdagangan bebas sehingga harus ada percepatan-percepatan program,” tegasnya.

Momen peringatan lahirnya regulasi Karantina pertanian di Indonesia serta mengingatkan pentingnya perlindungan pada sumberdaya alam hayati serta keamanan pangan dan pakan itu beroangsung meriah di Merauke. Hadir pimpinan CIQ, Kepala Badan Perbatasan Merauke, Kepala Dinas rumpun Pertanian, Perbankan, KPPN, Kepala Taman Nasional Wasur, BKSDA Merauke, Dinas Lingkungan Hidup Merauke. (Hidayatillah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *