Kapal Tol Laut Mulai Beroperasi di Simeulue

SINABANG | AcehNews.Net – Kapal tol laut KM Kendhaga Nusantara, mulai beropersi di Kabupaten Sumeulue, Aceh. Kapal ini sebagai sarana dan prasarana untuk mengirim kebutuhan masyarakat di Kabupaten kepulauan itu dari daratan Sumatera.

Tol laut dengan kapasitas 100 Gross Tonnage (GT) ini, resmi beroperasi di Kabupaten itu pada hari ini Selasa (18/6/2019). Kepala Dinas Perhubungan Simeulue, Kasirman mengatakan, kapal ini merupakan jawaban dari permintaan Pemerintah Simeulue kepada Kementerian Perhubungan, dalam rapat audiensi pemerintah setempat dengan pihak kementerian, beberapa waktu yang lalu.

“Sebenarnya, waktu itu kita minta kapal LCT kepada pihak kementerian. Tetapi, karena LCT programnya terhenti, maka kapal ini lah yang menjadi penggantinya,” jelas Kadis Perhubungan Sumeulue, Kasirman, kepada wartawan, Selasa kemarin (18/6/2019).

Kalau selama ini barang-barang atau kebutuhan masyarakat Simeulue dari daratan tidak bisa diangkut menggunakan kapal penumpang, maka menurut Kadis kapal ini lah yang menjadi solusinya.

“Kita minta kapal kargo ini bisa mengangkut barang kebutuhan Masyarakt, yang sifatnya tidak bisa disebrangkan melalui kapal penumpang, atau
barang berbahaya. Contoh seperti Aspal dan LPG,” kata dia.

Selain digunakan untuk menyebrangi kebutuhan masyarakat Simeulue dari daratan, Kadis mengatakan, kapal ini juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengangkut komoditi dari pulau Simeulue ke daratan.

Lanjutnya, tol laut ini juga bisa dimanfaatkan para pengusaha untuk mengirim barang daganganya seperti sembako dan lainnya dari daratan.(Jenedi)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com