Kapal Sophie, Surga Menyelam Bagi Diver Internasional

SABANG – Kapal Sophie Rickmers hampir satu abad di dasar laut Sabang dan itu sudah menjadi surga bagi para penyelam. Kapal yang memiliki nilai sejarah itu sudah mendatangkan rahmat bagi penduduk pribumi, bagaimana tidak para penyelam rela memboyong dua tabung untuk sampai titik klimaks.

Sophie Rickmers sudah menjadi ikon utama bagi para penyelam maupun diving di Kota destination nasional ini, beraneka jenis terumbu karang maupun biota laut menghiasi kapal berkebangsaan Jerman itu. Akui Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPRK Sabang Ferdiansyah, kepada AJNN, yang pernah menyelam dan sudah menyaksikan langsung ke Indahan kapal di dasar laut itu.

“Kapal Sophie Rickmers milik kebangsaan Jerman itu ditenggelamkan oleh kapten bersama crewnya untuk menghindari perampasan yang hendak dilakukan oleh Belanda pada tahun 1940,” kata Ferdiansyah.

Kata dia, Sabang memang terkenal dengan wisata diving, dari beberapa objek diving yang ditawarkan oleh guide Kapal Sophie Rickmers yang memiliki nilai sejarah dan punya keindahan tersendiri menjadi objek yang diharapkan oleh para diving dunia, walau perlu perjuangan yang ekstra untuk dapat menikmatinya secara langsung.

“Diving standarnya membawa satu tabung, tapi kalau mau diving di Kapal Sophie Rickmers harus membawa dua tabung karena kedalamannya 62 Meter. Dan di situ sangat banyak jenis ikan yang mana para diving bisa langsung bermain-main dengan ikan hias yang mengelilingi kapal tersebut,” ujarnya.

Kemudian tambahnya politisi muda Partai Golkar itu, “dalam Kapal Sophie Rickmers terdapat barang berharga seperti timah hitam dan banyak barang berharga lainnya menjadi daya tarik lebih, dengan bertambahnya para diving maka perekonomian masyarakat dengan sendirinya akan meningkat”. Pungkas Ferdiansyah. (ajnn.net)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *