Jelang PON XX/2021 di Papua, UMKM Diminta Daftar ke Dinas Perindag Merauke

MERAUKE | AcehNews.net – Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua bersama sub PB PON Papua Merauke menggelar rapat koordinasi perdana bidang sosial ekonomi di hotel Halogen Merauke, Jum’at sore (26/2/2021).

Ketua Koordinator bidang sosial ekonomi PB PON XX/2021 Papua, Jerry Sawae kepada wartawan mengatakan, ada dua hal yang harus dilaksanakan panitia bidang sosial ekonomi yakni pertama, menyiapkan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM), pelakunya bisa berperan dan bertransaksi di arena venue.

“Tidak boleh berjualan dipinggir jalan, alangkah eloknya harus dilibatkan di arena venue sehingga mereka terutama pedagang asli Papua merasakan dampak dengan berbagai orang yang datang di Merauke,” tuturnya.

Ada empat bidang UMKM di Merauke yang bisa dilibatkan seperti kuliner, souvenir, busana batik stabilo, dan kopi. Kedua, Sub PB PON XX/2021 Merauke harus mengidentifikasi pangan lokal baik darat maupun laut untuk konsumsi para atlit, official, dan tamu.

“Kita optimis ada orang datang nonton, terapkan protokol tentunya. Selain itu,
kita siapkan sebanyak-banyaknya produk UMKM. Pasti akan ada supporter dan keluarga atlit yang datang. Harapannya, UMKM harus diberdayakan,” ujar Jerry.

Dia telah menyarankan sub PB PON Merauke agar bidang konsumsi menggunakan produk asli Merauke mulai dari beras, sayur, lauk, snack, dan lain-lain. Jangan sampai mendatangkan produk makanan dari luar daerah.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Sub PB PON XX/2021 Papua Merauke, Antonio Ohoitimur menjelaskan, hasil koordinasi dan konsolidasi diharapkan menyinkronkan program PB PON dengan klaster di bidang sosial ekonomi.

“Banyak catatan panitia yang akan ditindaklanjuti dalam rapat senin, 1 Maret 2021 di kantor Balitbang dipimpin sekda. Dinas perindustrian dan perdagangan (Perindag) juga sudah survei ke enam venue di Merauke sekaligus menyiapkan data UMKM yang akan memasarkan produknya. Harapan kami, seluruh masyarakat dan UMKM bisa mendaftarkan diri di dinas perindag Merauke,” lugasnya.

Antonio mengakui, panitia akan menyiapkan fasilitas parkir dan tenda di enam venue bagi UMKM yang akan membuka stand. Keenam venue PON XX di Merauke antara lain, cabang olahraga (cabor) bermotor, sepak bola (putri), anggar, catur, wushu, dan gulat yang sudah siap sarana prasarananya 100 persen. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *