Jamkrindo Jamin Tiga Bank Penyalur KUR  

AcehNews.Net|BANDA ACEH – Perum Jamkrindo, siap menjamin kredit yang disalurkan 3 bank pelat merah. Ketiga bank tersebut, BNI, BRI, dan Mandiri merupakan bank yang dipilih pemerintah untuk menyalurkan KUR.

Pemerintah tahun ini rencananya akan tancap gas menyalurkan 3 jenis KUR berjumlah Rp30 triliun. Sementara Perum Jamkrindo, sebagai satu-satunya BUMN bidang penjaminan, menargetkan tahun ini mampu menggapai volume penjaminan sebesar Rp81,78 triliun.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S. Anwar mengatakan, dengan adanya perjanjian kerja sama (PKS-red) ini, diharapkan target penjaminan bisa terpenuhi. Sementara,   penandatangan PKS  telah  dilakukan pada pekan lalu (13/08/2015) di Gedung Kementerian Keuangan Jakarta. Dalam acara itu, hadir  Dirut Jamkrindo, Direktur Penjaminan Bank Jamkrindo Bakti Prasetyo dan direksi dari BNI, BNI dan Mandiri.

Diding, yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) mengatakan, bahwa Asippindo dengan cara co-guarantee, juga akan saling mem-back-up dengan volume total penjaminan mencapai Rp100 triliun lebih.

Sementara itu, Direktur Penjaminan Bank Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo mengatakan, potensi penjaminan di Indonesia sangat besar. Hal ini bisa dilihat dari jumlah UMKM di Indonesia terdapat 58 juta unit usaha  dengan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) nasional mencapai 97,16 %.

“Bedasarkan data Kemenkop UKM RI per Juni 2015, hingga kini keberpihakan kredit perbankan terhadap UMKM sekitar 39,18 persen atau 22,15 juta unit usaha yang baru memanfaatkan akses perbankan. Oleh karena itu solusinya adalah dengan UU penjaminan akan dapat dimanfaatkan lebih besar lagi oleh UMKM,” jelas Braman.

Untuk mengkover jumlah pelaku usaha UMKM yang belum memanfaatkan akses perbankan diperlukan institusi perusahaan penjamin yang tergabung dalam Asippindo berjumlah 19 perusahaan penjaminan. Antara lain perusahaan umum Jamkrindo, 15 perusahaan penjaminan daerah, dan 3 lagi dari swasta adalah PT. PKPI, PT. UAF Jaminan Kredit, dan PT. Jamkrindo Syariah.

Dengan adanya Asippindo dan khususnya Perum Jamkrindo maka diharapkan Volume kredit perbankan akan semakin meningka, meningkatnya jumlah debitur mikro. (agus)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *