Jalan Angkup-Genting Gerbang Masih Terus Longsor  

AcehNews.net|TAKENGON – Longsoran material yang menutupi badan jalan masih terus terjadi di lintasan Jalan Angkup-Genting Gerbang ,Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah, Jauhari mengungkapkan, walaupun sudah dibersihkan baru-baru ini, material longsor masih saja turun dari arah tebing bukit.

“Sudah kita upayakan membersihkan badan jalan dari material longsor, tapi karena kondisi tanah di tebing labil, material masih saja turun,” kata Jauhari ketika dikonfirmasi, Senin (28/12/2015) di Kota Takengon.

Jauhari mengatakan, pihaknya bahkan sudah melihat langsung kelabilan struktur tanah di puncak bukit dan menyarankan agar jalan tersebut ditutup sementara menunggu perbaikan secara permanen.

“Kondisi tanah labil dan rentan longsor dengan material yang lebih besar, sehingga perlu dipertimbangkan untuk menutup sementara jalan sebelum ada perbaikan secara permanen untuk menghindari terjadinya korban,” kata Jauhari.

Sejak dibuka beberapa tahun terakhir ruas jalan Angkup-Genting Gerbang dipadati pengendara baik antar kecamatan Silih Nara dengan Celala dan Rusip Antara, bahkan bagi pengendara yang hendak melintas ke arah pantai barat selatan Aceh.(emka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *