Ini Kata POSI Aceh Tentang Keindahan Bawah Laut Pulau Gosong

BLANGPIDIE|AcehNews.Net– Salah satu objek wisata bawah laut yang ada di Aceh Bara Daya (Abdya) Pulau Pusong (Gosong). Ketua harian Persatuan Olahraga Selam Indonesia (POSI) Aceh. Dahlan menyebutkan, pulau ini telah banyak memiliki perubahan. Semenjak ia berkunjung pertama kalinya pada dua tahun silam.

Ia menyebutkan, pada penyelaman kedua kalinya ini, Dahlan banyak menemukan hal-hal baru. Diantaranya, ia menemukan kima atau sejenis karang besar  berukuran sekitar 80 cm. Di bawah laut pinggiran Pulau Gosong.

“Selain menumukan kima, yang membuat penyelaman kami lebih asik kali ini yaitu, menemukan ikan yang dikatagorikan langka ialah ikan Napoleon,” ujar Dahlan, pada AcehNews.net beberapa waktu lalu, saat timnya berkunjung ke Pulau Gosong.

Dahlan berharap, agar Pemerintah Kabupaten Abdya bisa menjaga dan melestarikan ikan langka ini. “Dengan kita menjaga terumbu karang, maka ikan hias atau sejenisnya bisa terlestarikan dan terjaga,” tuturnya.

Disamping itu, ketua POSI Aceh ini juga menyarakan, kepada pemuda dan penyelam yang ada di Abdya. Untuk menjaga tidak menginjak terumbu karang dan membersihkan sampah yang ada disekitaran pulau. “Pulau ini akan cukup bagus untuk kedepannya, untuk dikunjungi oleh anak cucu kita,” tutupnya.

Pulau Pusong atau sering disebut Pulau Gosong oleh masyarakat Abdya ini, ditempuh dari Dermaga Ujong Serangga, Susoh. Untuk menuju ke sana, cukup memakan waktu sekitar 20 menit saja menggunakan kapal nelayan. Harga sewa kapal  berpariasi, mulai dari harga Rp300 ribu hingga Rp500 ribu rupiah.

Jika Anda ingin ke sana, jangan lupa menyiapkan alat dokumentasi dan kantong sampah. Karena setiap wisatawan yang berkungjung diharuskan untuk membawa pulang sampah yang ada di pulau tersebut. (zuhri)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com