Ini Instruksi Plt Gubernur Aceh untuk BPKS

SABANG | AcehNews.net – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat menyampaikan materi pada seminar Pengembangan Kawasan Sabang, yang dipusatkan di Aula Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Selasa (27/2/2019), mengeluarkan beberapa intruksi kepada BPKS, agar percepatan pelaksanaan pengembangan kawasan Sabang dilakukan lebih baik lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Nova Iriansyah yang juga Ketua Dewan Kawasan Sabang mengimbau semua pihak untuk selalu melaksanakan langkah-langkah dan strategi untuk menindaklanjuti hasil Sail Sabang 2017 yang telah dicanangkan Teluk Sabang sebagai pintu gerbang destinasi wisata Internasional “Sabang Intenasional Marine Tourist Hub Port”.

“Perlu melakukan koordinasi dan sinergisitas program percepatan pengembangan Kawasan Sabang bersama SKPA terkait, Pemerintah Kota Sabang, Pemerintah Aceh Besar. Sehingga mendorong berbagai pemikiran dan kebijakan, agar pelabuhan Sabang dapat hidup dan aktif dengan aktivitas dan industri jasa kepelabuhan,” tegas Nova.

Nova juga menegaskan, BPKS agar mencari operator pelabuhan yang representatif yang mampu mengoperasionalkan Pelabuhan Sabang sebagai Pelabuhan Hubungan Internasional yang lengkap dengan terminal cruise maupun multiporpose lainnya.

“Saya berjanji akan segera bertemu dengan Presiden dan Menteri terkait untuk mendorong Pemerintah Pusat menjadikan pembangunan Kawasan Sabang terutama teluk Sabang sebagai Proyek Strategis Nasional. Untuk itu, BPKS harus mempersiapkan segala dokumen pendukung,” pinta Nova.

Intruksi selanjutnya, Nova juga meminta agar BPKS segera menindaklanjuti temuan BPK, khususnya mengenai optimalisasi pendapatan BPKS melalui BLU dengan segera merampungkan Rencana Bisnis Strategis BPKS.

“BPKS melakukan sinkronisasi perencanaan kawasan Sabang dengan Rencana Kerja Aceh dan Rencana Kerja Pemerintah dan hubungan kawasan Sabang dengan kawasan strategis di aceh (KEK lhokseumawe dan KIA ladong),” pintanya lagi.

Sedangkan terkait IMT-GT, Plt Gubernur mengimbau agar pemangku kebijakan terkait untuk terus menggali potensi hubungan Kawasan Sabang dengan Kawasan Regional Saphula (Sabang Phuket Langkawi) dan pengembangan koneksitas dengan kepulauan Andaman Nikobar.

“Saya berharap acara ini menghasilkan kebijakan dan langkah-langkah aksi untuk Percepatan Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang sesuai dengan kewenangan yang telah diamanatkan oleh undang undang atau peraturan lainnya sehingga nantinya Kawasan Sabang sebagai lokomotif ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat benar-benar diwujudkan,” demikian pungkas Nova. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com