Ini Empat Objek Wisata di Aceh Tengah Direkomendasi untuk Dikunjungi

TAKENGON | AcehNews. Net – Jika anda belum menentukan pilihan tujuan berwisata yang cocok untuk liburan akhir tahun, tak ada salahnya mencoba untuk datang ke dataran tinggi Gayo seperti Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Gayo Lues. 

Ada banyak tempat wisata yang indah dan menarik yang layak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara di sana. Di Takengon, Aceh Tengah misalnya. Jika berminat, kami merekomendasikan empat tempat wisata yang patut untuk dikunjungi kota dingin tersebut.

1. Danau Lut Tawar
Danau Lut Tawar merupakan danau yang terletak di dataran tinggi yang memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut. Danau ini menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi mengingat letaknya di pinggir Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Jika anda berkunjung ke Kecamatan Lut Tawar, mata akan dimanjakan pemandangan danau yang indah, dikelilingi pegunungan dengan hawa sejuk. Bila kita berkeliling, butuh waktu hingga sekitar dua jam. Namun, dijamin tidak akan membosankan karena keindahan alamnya yang masih alami dan sejuk.

Bahkan, beragam hal menarik dapat memanjakan setiap pengunjung, seperti hamparan perkebunan kopi rakyat dan pohon pinus yang berjejer bak pagar alam. Selain itu, danau ini juga bisa dilihat dari segala penjuru kota Takengon. 

Ohya, untuk nikmatin danau ini, para pengunjung bisa naik perahu nelayan setempat yang harga sewanya Rp10.000 per orang. Di tengah danau, pengunjung bisa take picture yang Instagramable banget dengan pemandangan pengunungan disekeliling danau tersebut.

2. Pantan Terong
Puncak Pantan Terong merupakan sebuah dataran tinggi yang dikelilingi oleh perbukitan yang hijau, perkebunan dan lembah-lembah yang begitu indah dan menarik untuk dilihat dari atas ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan serta panorama Danau Laut Tawar, bisa melihat langsung dari puncak Pantan Terong. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan seluruh kota Takengon. Bahkan di bukit ini, jika anda beruntung, pengunjung bisa menikmati sunset dan menikmati pelangi yang muncul saat hujan mulai reda.

Untuk perjalanan menuju tempat wisata alam Pantan Terong tak begitu sulit. Anda tidak perlu khawatir karena jalanan yang menuju tempat wisata ini cukup bagus. Namun, medan menuju lokasi itu cukup banyak terdapat tanjakan yang cukup terjal, sehingga wisatawan yang ingin ke lokasi wisata itu harus memastikan kondisi kendaraannya terlebih dahulu.

Sedangkan biaya masuk untuk menikmati pemandangan dari atas kota Takengon ini, Pantan Terong hanya dipungut biaya yang cukup murah dan terjangkau, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan dikeluarkan.

Sementara, fasilitas yang ditawarkan di Pantan Terong sudah cukup memadai. Selain lokasi tempat melihat sudah dilengkapi dengan pengaman berupa pagar, di Pantan Terong juga disediakan mushala, rumah panggung dan kafe untuk sekadar menikmati kopi dengan ketinggian sekitar 1.830 mdpl. Tentu saja, membuat suhu udara di Pantan Terong terasa dingin dan sejuk.

3. Galeri Kopi
Di Takengon, anda tak hanya bisa menikmati sejuknya kebun-kebun kopi yang terhampar luas di sana. Tetapi, anda bisa langsung menikmati kopi di kebun langsung. Karena sebagian area kebun disulap menjadi lokasi wisata sambil minum kopi, seperti Galeri Kopi yang berada di kawasan Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah.

Objek wisata ini merupakan surga bagi para pecinta kopi. Saat memasuki area kedai kopi Galeri Kopi, pengunjung disambut semerbak wangi kopi dengan kicauan burung yang selalu terdengar ketika kita berada dikebun kopi.

Di Galeri Kopi ini, menyediakan kopi asli tanah Gayo, sehingga para pengunjung tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai jenis sajian kopi seperti Espresso, Cappuccino, Mochacino, hingga Latte sambil memanjakan mata dengan suasana alam yang begitu tenang dan damai. 

Bukan cuma minum kopi, para pengunjung yang lapar juga bisa mengisi perut dengan sejumlah cemilan seperti keripik nanas dan lainnya. Bahkan, pengunjung dapat merasakan cerutu yang diracik menggunakan tembakau asli dari Aceh Tengah.

Tak hanya lezat racikan kopinya dan makanannya, di Galeri Kopi ini pengunjung bisa duduk di pondok-pondok yang terbuat dari kayu atau rumah panggung setinggi dua meter di tengah hamparan pohon kopi arabika. Sambil menyeruput espresso, nikmati sayup lantunan musik.

4. Arung Jeram Lukup Badak
Bagi pecinta wisata air yang ingin menguji adrenalin di arus sungai, Anda wajib mengunjungi kawasan Arung Jeram Lukup Badak yang terletak di Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah. Karena, arung jeram ini sangat cocok menjadi wisata keluarga dan pecinta wisata lingkungan.

Untuk itu, wisata arung jeram Takengon layak direkomendasikan bagi setiap pelancong yang ingin menikmati tantangan, khususnya bagi keluarga. Di tempat ini, kita akan ditawarkan kelas arung jeram mulai yang mudah hingga sulit atau ekstrim sekali pun. 

Setiap penumpang yang berada diperahu karet akan dimanjakan dengan sensasi arus sungai yang menggoyang mereka. Tak hanya itu, setiap orang sangat berpeluang melihat berbagai jenis hewan yang tiba-tiba muncul dari rerumputan atau keluar dari pinggir sungai.

Bahkan, pihak pengelola juga menyediakan paket arung jeram selama dua hari yang mana pengunjung akan diajak mengarungi aliran sungai dengan pemandangan indah seperti kebun kopi, hutan asli, dan sebagainya.(Hafiz)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com