Indonesia Akan Menghadapi Lansia Boom  

BANDA ACEH – Setelah 2030, Indonesia mulai memasuki era penduduk lanjut usia. Indonesia mulai menghadapi lansia boom. Dan pada 2050 diprediksi jumlah lansia di Indonesia mencapai 70 juta jiwa.

Hal itu diutarakan Ketua Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi Indonesia (IPADI) Pusat, Prof. Dr. Prijono Tjiptojerijanto, saat memberi kulia umum berjudul “Peran Kependudukan dan KB dalam Pembangunan Paska 2015”, di depan sekira 150 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Senin siang (17/11) di Gedung Pasca Sarjana UIN, Darussalam, Banda Aceh.

Prijono mengatakan, saat ini Indonesia sedang menikmati bonus demografi sampai dengan 2030. Menurut, persoalan kualitas penduduk terutama generasi muda harus menjadi perhatian utama pemerintah di dalam hubungan dengan kebijakan yang menyangkut ketenagakerjaan.

Selain itu, kata Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ada hal lain yang perlu menjadi perhatian pemerintah yaitu persoalan penduduk lanjut usia (lansia) yang diprediksi akan bertambah jumlahnya.

“Setelah 2030, Indonesia mulai memasuki era penduduk lanjut usia. Indonesia mulai menghadapi lansia boom. Saat ini jumlah lansia kita sekitar 20 juta jiwa dan diprakirakan jumlah ini akan menjadi 25 juta jiwa pada 2030. Dan pada 2050 angka penduduk lansia Indonesia akan mendekati 70 juta jiwa,” sebut Prijono Tjiptojerijanto.

Sementara itu, kata dia,  Indonesia masih belum ramah terhadap lansia. Ini bisa dilihat masih banyaknya infrastruktur dan fasilitas umum yang belum ramah terhadap lansia. Dia mencontohkan kendaraan umum yang masih terlalu tinggi pintu masuknya, sehingga lansia mengalami kesulitan saat masuk ke dalam bus.

Belum lagi persoalan masih banyaknya program pembangunan dan perekonomian yang masih belum menyentuh lansia secara menyeluruh. Jika ini dilakukan pemerintah, dia yakin  lansia di Indonesia akan bisa hidup mandiri di hari tua mereka.

“Harusnya mulai dari sekarang pemerintah sudah memikirkan hal itu. Karena persoalan kependudukan di akan datang salah satunya yaitu proporsi penduduk lansia (di atas 60 tahun) masih besar dan akan terus meningkat jumlahnya,” demikian Prijono. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *