Diduga Tak Ada oksigen di Ambulan
Ibu Hamil di Simeulue Meninggal Dunia dalam Perjalanan ke RSU

SINABANG | AcehNews.Net – Seorang Ibu hamil (Bumil) warga Lauke, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, Cici Zahrawani (24) meninggal dunia dalam perjalan saat hendak dibawa ke RSUD setempat, pada Rabu (5/12/2018).

Bumil dengan bayi didalam kandungannya menghembus nafas terakhir di dalam ambulan diduga karena keterlambatan pihak medis memberikan oksigen. Selama perjalanan, menurut keterangan keluarga, Ibu hamil tersebut hanya diberi infus. Sementara, kondisi pasien yang hendak melahirkan itu dalam keadaan sesak nafas.

“Sebelum berangkat, suaminya keponakan saya itu sudah minta kepada bidan supaya dalam ambulan dibawa oksigen karena dia sudah sesak nafas, tapi tidak direspon,” ujar Syafril, paman pasien kepada AcehNews.Net, pada Jum’at (6/12/2018) via pesan whatsapp.

Sementara itu, Kepala Puskesmas (Kapus) Kecamtan Simeulue Tengah, Armas, ketika dikonfirmasi membantah kalau di ambulan tidak tersedia oksigen seperti kabar yang berkembang di luar. Selaku Kapus ia mengatakan sudah menyiapkan segalanya.

“Semua sudah dilengkapi, oksigen ada, ambulan ada, tidak ada yang terlewatkan. Hanya saja mungkin tehnis di dalam ambulan yang belum kita tau mengapa. Saat ini kita sedang minta penjelasan baik dari petugas medisnya maupun pendampinnya,” jelasnya saat dihubungi AcehNews.Net.

Suandi, Kepala Bidang Pelayanan, Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, ketika dikonfirmasi mengaku sudah mengetahui kabar itu dan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait, selanjutnya akan memanggil petugas medis yang bersangkutan datang ke Dinkes untuk diminta keterangan atas kejadian yang sebenarnya

“Apa bila benar kejadiannya demikian maka akan kita beri sanksi atas kelalaian mereka,” tegas Suandi.

Lebih lanjut Suandi mengatakan, menurut setandar operasional (SOP), setiap ambulan Puskesmas memang harus tersedia Oksigen, tanpa harus melihat kondisi pasien terlebih dahulu.(Jen)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com