Husnul Khatimah Raih Anugerah Peduli Pendidikan 2014

JANTHO – Husnul Khatimah, perempuan peduli pendidikan asal Desa Lambirah, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar meraih Anugerah Peduli Pendidikan (APP) tingkat nasional 2014 yang diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Mohammad Nuh di Aula Kemendikbud di Jakarta, Rabu (15/10) malam. Turut hadir menyaksikan penerimaan anugrah itu, Wakil Bupati Aceh Besar, Syamsulrizal.

Penghargaan ini diberikan Kemendikbud kepada 25 penerima asal berbagai provinsi di Indonesia. Husnul yang kelahiran 3 Februari 1992 ini menerima penghargaan untuk kategori individual/inovator pendidikan, dan merupakan satu-satunya penerima asal Provinsi Aceh, bahkan untuk Pulau Sumatera pada 2014.

“Alhamdulillah, prestasi ini merupakan kebahagiaan bagi Aceh Besar,”  ungkap Husnul, saat baru tiba dari Jakarta di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Kamis (16/10) sore.

Pemberian APP, tambah Husnul, merupakan aspirasi Kemendikbud Republik Indonesia kepada pemangku kepentingan pendidikan yang telah menunjukkan komitmennya terhadap pentingnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa di masa yang akan datang.

“Diharapkan  APP akan semakin berdampak positif untuk semangat memajukan pendidikan di seluruh Indonesia dan Aceh khususnya,” jelas Husnul kepada AcehNews.net.

Sebelumnya, alumna Fakultas Tarbiyah Jurusan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yang pernah mengikuti youth leadership camp ke Australia pada 2012, dan April 2014, menerima penghargaan Pelita Nusantara.

Husnul adalah putri daerah Aceh Besar yang menggagas Taman Pendidikan Masyarakat (TPM) di Desa Lambirah, Kecamatan Sukamakmur, yang hingga kini ikut mendidik sekitar 100 anak-anak usia sekolah di desa tersebut.

Gadis yang hobi membaca ini awalnya memiliki kekhawatiran terhadap rendahnya minat belajar anak-anak di pedalaman Aceh Besar karena hadirnya play station. Kemudian, ia menggagas lahirnya TPM Tanyoe.

Sementara itu, Wabup Aceh Besar , Syamsulrizal yang menyaksikan penerimaan APP 2014 tersebut mengaku bangga dan  berbahagia atas prestasi tingkat nasional yang diraih Husnul Khatimah. Menurutnya Husnul telah memberikan kontribusi bagi kemajuan dunia pendidikan.

“Prestasi yang diraih Husnul Khatimah ini sangat positif dalam meningkatkan harkat dan martabat pendidikan di Aceh Besar. Semoga kelak prestasi lainnya bakal diraih generasi muda kita untuk kemajuan daerah,” ungkap Wabup Aceh Besar.

Wabub juga mengharapkan, kelak akan lahir lebih banyak lagi “Husnul-husnul” lainnya yang berkiprah bagi anak didik dan dunia pendidikan di Aceh Besar khususnya dan Aceh umumnya. (mariadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *