Hujan Sambut Kedatangan KRI Makassar-590 di Merauke

MERAUKE | AcehNews.Net – Diguyur hujan deras, tak menyurutkan semangat prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke menyambut kedatangan KRI Makassar-590 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Shodikin sandar di dermaga Pelabuhan umum Yos Sudarso Merauke, Papua, Senin (1/2/2021) pukul 17.30 WIT.

Langit mendung bukan menjadi penghalang. Jiwa kstatria para penjaga pintu gerbang Indonesia bagian timur sisi selatan membawahi wilayah Timika sampai Merauke itu semakin menggelora. Menarik tambang kapal, merapatkan kapal dengan dermaga.

Komandan Lantamal XI, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, melalui Wakil Komandan Lantamal XI Merauke, Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, menuturkan, kedatangan KRI Makassar-590 dalam rangka dukungan Serpas/Sermat Ops Pamtas RI-PNG Sektor Selatan.

“KRI Makassar-590 sandar di Pelabuhan umum Yos Sudarso tugasnya melaksanakan pergeseran pasukan dari dua batalyon TNI AD yang akan melaksanakan rolling penugasan di Pamtas RI PNG,” terang Wadan Lantamal XI kepada wartawan disela-sela penyambutan kapal tempur yang mempunyai fungsi utama dalam operasi amfibi untuk mengangkut pasukan beserta seluruh perlengkapan dan kendaraannya, operasi kemanusiaan serta penaggulangan bencana alam, kapal rumah sakit ini.

Kolonel Laut (P) Avianto mengungkapkan, awalnya kapal berangkat dari Surabaya menuju Belawan, Medan, Sumatera Utara untuk menjemput pasukan dilanjutkan menuju Balikpapan, Kalimantan Timur kemudian bertolak menuju Merauke. Perjalanan di laut terhitung 20 hari lamanya.

Mengangkut sebanyak 900 pasukan personil TNI AD dari dua batalyon. Setelah sandar di Merauke, selanjutnya seluruh personil diwajibkan mengikuti pemeriksaan rapid test antigen dan pengecekan Ehac oleh Diskes Lantamal XI, KKP dan Denkesyah Merauke. Implementasi operasi pendisiplinan protokol kesehatan 2021 Lantamal XI Merauke.

“Kita bekerjasama dengan Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kita periksa kesehatan pasukan untuk meyakinkan kesehatan seluruh personil. Bahkan, sebelum berangkat pun mereka sudah laksanakan tes netral dari virus corona, termasuk di perjalanan selama karantina tidak boleh turun dari kapal,” ucapnya.

Dijadwalkan, KRI Makassar-590 sandar di Pelabuhan Yos Sudarso Merauke selama satu pekan. Bertolak dari Merauke pada 8 Februari 2021 akan membawa pasukan TNI AD yang purna tugas untuk kembali ke pangkalannya.

Dikesempatan yang sama, Pgs. Kadispen Lantamal XI, Kapten Laut (P) Ali Siwasiwan, kepada AcehNews.Net mengatakan, KRI Makassar-590 membawa pasukan Satgas Pamtas RI-PNG dibawah Kolaops Korem 174/Anim Ti Waninggap (ATW) Merauke yakni Yonif 611/Awang Long dan Yonif 122/Tombak Sakti ke Merauke. Nantinya kapal yang mempunyai platform docking dan undocking untuk mengeoperasikan LCU itu akan kembali membawa pulang Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha dan Yonif125/Si’mbisa.

“Upacara penerimaan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Awang Long dan Yonif 122/Tombak Saksi digelar besok, Selasa (2/2/2021), pelepasan Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha dan Yonif 125/Si’mbisa pada Senin (8/2/2021),” ujar Kapten Laut (P) Ali Siwasiwan.

Hadir dalam penjemputan KRI Makassar-590 diantaranya, Asintel, Asops, Dansatrol, Dandenma, Danpomall, Dantim Intel, Kadiskes, Kadis Sahal, Kadisbek, Kadispen, dan Kadisang Lantamal XI. (Hidayatillah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *