Hari ini dan Esok Hari
Hujan Petir Landa Aceh

BANDA ACEH – Hujan sedang yang disertai petir/kilat diprakirakan akan terjadi di wilayah Aceh bagian Utara, Timur, Tengah, dan Tenggara,  hari ini, 9 November dan esok hari, 10 November 2014. Untuk itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar mengeluarkan peringatan waspada bagi masyarakat yang tinggal di  wilayah tersebut.

Prakirawati BMKG, Nasyithah Az-Zahra Lubis kepada AcehNews.net Minggu (9/11) menjelaskan, sebagian wilayah Aceh berpotensi hujan ringan hingga sedang hari ini dan esok hari. Sedangkan angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah Barat Laut dengan kecepatan 06 – 30 km/jam.

“Kami mengingatkan masyarakat Aceh khususnya yang tinggal di wilayah Utara, Timur, Tengah, dan Tenggara untuk waspada karena hujan yang turun dengan intensitas sedang yang disertai petir/kilat akan terjadi dalam dua hari ini,” kata Nasyithah Az-Zahra.

Pada 8 November lalu, peringatan yang sama juga sudah dikeluarkan BMKG di wilayah tersebut dan hingga hari ini dan esok hari diprakirankan masih terjadi. Untuk itu sarannya, agar hindari berada di tempat terbuka, lebih baik berlindung di dalam mobil atau gedung. Kemudian disarankannya lagi jangan berenang saat hujan dan jangan berdiri dibawah pohon ketika hujan karena sulur-sulur pohon bisa menghantarkan listrik ke tumbuh

Bila berada di kapal, sarannya jauhi tiang layar agar tak tersambar petir. Jangan berdiri gerombolan, buatlah jarak sekitar 5 meter. Jika di dalam rumah cabut stok kontak listrik listrik, jauhi telepon, dan juga jauhi bath tub atau shower.

“Kami mengingatkan masyarakat agar waspada dengan cuaca ekstrem tersebut,” kata prakirawati, Nasyithah lagi mengingatkan.

Sementara itu yang perlu diwasdai lagi untuk hari ini dan esok hari, gelombang laut di perairan Sabang dan Banda Aceh mencapai ketinggian maksimum 2,5 meter dan begitu juga di perairan Barat dan Selatan Aceh. Sedangkan di perairan Utara dan Timur Aceh gelombang tingginya mencapai 2 meter. (saniah ls)

Ini tempat-tempat yang berisiko tersambar petir :

  1. Tempat yang beresiko tersambar petir adalah daerah perbukitan, lereng, daerah terpencil, dan daerah pedesaan. Di perkotaan, risiko terkena petir relatif kecil karena kepadatan penduduk di kawasan tersebut merata.
  2. Kolam renang.
  3. Petir juga bisa merambat melalui saluran kabel listrik dan telepon. Kabel telepon yang masuk ke pesawat telepon sebaiknya juga dicabut.
  4. Antena televisi juga bisa menjadi penghantar petir masuk ke rumah. Konstruksi bangunan yang terbuat dari beton bertulang sebenarnya sudah berfungsi sebagai alat penangkal petir. (sumber:http://pentingdiingat.blogspot.com/2009/04/tips-melindungi-diri-dari-sambaran.html).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *