Energi Panas Bumi,
Hitay Holding Turki Akan Investasi di Bener Meriah Sebesar Rp13 T

BANDA ACEH | AcehNews.net – Hitay Holding merupakan perusahan energy asal Turki  yang juga merencanakan investasi eksplorasi panas bumi di Gunung Geureudong, Bener Meriah. Chairman Hitay Holding Energy Turki, Mehmet Emin menyebutkan, Turki, bakal berinvestasi senilai 1 miliar USD atau setara dengan Rp13 triliun.
Hingga saat ini, Hitay Holding masih menunggu hasil tender yang dilakukan di Kementerian ESDM. Selain Hitay, perusahaan energi asal Cina juga mengikuti tender tersebut. Gubernur sendiri berharap, Hitay bisa memenangkan tender itu, sehingga Hitay bisa segera melakukan pengeboran di Geureudong.
“Kita berharap Hitay Holding yang memenangkan tender tersebut,” harap Irwandi.
Selain investasi di bidang energi, Gubernur Irwandi juga mengajak Emin untuk berinvestasi di tiga bidang lainnya, yaitu pembangunan infrastruktur, agroindustri, dan kepariwisataan.
Gubernur mengajak Emin untuk melihat berbagai potensi yang dapat digarap di Aceh, salah satunya pariwisata di Sabang. Menurutnya Sabang cocok untuk bisnis perhotelan. Gubernur Irwandi menjamin kemudahan perizinan untuk investor yang berbisnis di Sabang, karena segala proses administrasi langsung ditangani di kota kepualauan tersebut.
“Kenapa Sabang? ada kemudahan yang bisa didapatkan oleh investor di sini. Sekarang ‘kan yang buat investor luar susah masuk ke Indonesia ada pada persoalan perizinan,” kata Irwandi.
Kepala BPKS Sabang, Sayid Fadil menyebutkan, saat ini, ada tiga hotel di Sabang yang dimiliki oleh orang luar Indonesia. Ia berharap, Emin bisa ikut serta untuk berinvestasi di kota ujung barat Indonesia itu.  (saniah ls/ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *