Hati-Hati Aplikasi Senter Download Gratis Bisa Merekam Informasi Pribadi

Saat ini banyak aplikasi senter yang bisa di-download secara gratis di perangkat ponsel Anda untuk digunakan sebagai penerang yang ternyata diam-diam merekam informasi pribadi yang paling sensitif milik Anda.

Data yang dimata-matai termasuk lokasi ponsel, rincian pemiliknya dan kontak, bahkan isi pesan teks.

Menurut pendapat ahli, data tersebut kemudian ditransmisikan ke perusahaan riset pasar dan biro iklan untuk melacak kebiasaan belanja pengguna. Bahayanya lagi, diduga bahwa data itu juga kemungkinan dikirimkan ke geng kriminal, hacker dan pencuri identitas yang telah mengembangkannya sendiri untuk mendapatkan data pribadi tentang konsumen yang dapat memberikan mereka akses ke rekening bank, yang berakhir pada pembobolan rekening.

Nyatanya, aplikasi senter untuk smartphone Android paling populer dan telah di-download puluhan juta kali. Termasuk Super-Bright LED Flashlight, the Brightest Flashlight Free and the Tiny Flashlight+LED.

Menurut pihak perusahaan keamanan siber Amerika, SnoopWalls, Gary Miliefsky, temuan ini telah disampaikan ke pemerintah AS, seperti dilansir Dailymail.

Sebenarnya, sebelum mendownload memang tercantum peringatan tertulis bahwa data akan diteruskan ke pihak ketiga dalam persyaratan panjang dan kondisi (terms and conditions), tapi sangat sedikit orang membaca tulisan itu.

“Kita semua telah menjadi korban dengan menginstal banyak aplikasi pada smartphone dan tablet yang melakukan lebih dari layanan yang harus mereka berikan. Tanpa sengaja kita telah membuka Kotak Pandora untuk dimangsa predator online, penjahat cyber dan mata-mata, semua melalui aplikasi bodoh yang kita percayai ini,” terangnya.

Ia mengatakan, ancaman ini tidak berlaku untuk built-in senter di iPhone Apple. (tribunpontianak.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *